Search

Atasi Defisit Neraca Dagang dengan Pembenahan Ekspor

JAKARTA - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang melemah tak selalu menjadi masalah. Sebab, eksportir bisa 'mengandalkan' pelemahan Rupiah untuk mengeruk pendapatan yang besar.

Apalagi, saat ini pemerintah mendorong pengusaha melakukan ekspor yang mempunyai nilai tambah, bukan hanya barang mentah. Dengan meningkatnya ekspor, maka neraca perdagangan pun semakin sehat.

BERITA TERKAIT +

"Karena banyak yang mengira ekspor itu susah, enggak ada akses. Maka di sinilah peran Hipmi Jaya, memfasilitasi bahwa untuk ekspor itu gampang," kata Ketua Hipmi Jaya Afifudin Suhaeli Kalla di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

 Defisit Neraca Perdagangan

Hal ini dilakukan agar pengusaha muda paham bagaimana cara melakukan ekspor, salah satunya dengan kegiatan 'Jaya Coaching'. Kegiatan pelatihan yang dikhususkan bagi anggota Hipmi Jaya ini untuk melahirkan pengusaha muda yang berubah orientasi, yaitu tertarik untuk mengekspor produknya.

Nantinya, lanjut dia, setelah peserta pelatihan memahami dasar-dasar ekspor, akan diikutsertakan ke Trade Expo Indonesia (TEI) yang digelar pada Akhir Oktober 2018. Seperti tahun sebelumnya, program pelatihan ini diharapkan menuai hasil positif bahkan lebih baik lagi.

"Karena menurut saya produk teman-teman di Jakarta ini bagus-bagus dan bisa di-ekspor. tapi ya itu kendalanya standar, mereka enggak tahu gimana caranya ekspor, ketemu buyer gimana. Mudah-mudahan dengan adanya acara ini persoalan-persoalan tadi selesai," katanya.

 Defisit Neraca Perdagangan

Sementara itu, Kepala Divisi Pusat Penanaman Modal PTSP DKI Edy Junaedi mengatakan, pelatihan terhadap pengusaha muda yang seperti ini adalah yang dibutuhkan saat ini.

"Untuk mengatasi defisit ada dua hal, yaitu investasi dan ekspor. Investasi tentu tidak bisa kita pacu dengan cepat, ekspor yang paling mudah dan mungkin. Oleh karena itu perlu pelatihan untuk menambah kepercayaan diri. Ekspor perlu kepercayaan diri dalam hal mem-packaging produk, memasarkan," katanya.

(dni)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/20/320/1953380/atasi-defisit-neraca-dagang-dengan-pembenahan-ekspor

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Atasi Defisit Neraca Dagang dengan Pembenahan Ekspor"

Post a Comment

Powered by Blogger.