Search

Aceh Besar Tuntas Salurkan Dana Desa - Serambi Indonesia

KOTA JANTHO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) setempat sudah tuntas 100 persen menyalurkan dana desa (DD) 2019. Total dana desa tahun ini yang disalurkan dalam tiga tahap tersebut sebesar Rp 438.519.093.000. Anggaran itu diperuntukkan bagi 604 gampong dalam 23 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

Kepala DPMG Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi, kepada Serambi, Minggu (15/12) sore,  mengatakan, pihaknya bersyukur karena penyaluran dana desa tahun 2019 di Aceh Besar sudah tuntas dilaksanakan dengan baik dan lancar serta sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. "Tuntasnya penyaluran dana desa sebelum tahun anggaran berakhir tak lepas dari lancarnya pengajuan amprahan tahap satu sampai tiga oleh pihak desa," ujar Bahrul Jamil.

Karena itu, ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu secara langsung atau tidak langsung hingga dana desa tahun ini bisa terealisasi 100 persen tepat waktu dan bahkan sebelum tahun 2019 berakhir. "Selama kepemimpinan Bapak Ir Mawardi Ali dan Tgk Husaini A Wahab sebagai Bupati dan Wakil Bupati, ini adalah kali kedua kita bisa menyalurkan dana desa 100 persen sebelum masa anggaran berakhir. Hasil yang sama juga kita capai pada tahun 2018 lalu," ungkap pria yang akrab disapa BJ ini.

Keberhasilan itu, tambahnya, menjadi prestasi tersendiri bagi Aceh Besar. Sebab, menurut BJ, hingga saat ini belum banyak kabupaten/kota yang mampu menuntaskan penyaluran dana desa hingga 100 persen. "Prestasi ini harus terus kita pertahankan dan bahkan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang. Karenanya, kami berharap kerja sama di antara semua stakeholder terkait yang sudah berjalan selama ini agar bisa dilanjutkan. Sehingga ke depan kita bisa selalu menuntaskan penyaluran dana desa tepat waktu," ungkap BJ.

Bahrul Jamil juga menegaskan komitmen pihaknya untuk terus meningkatkan kinerja pada tahun depan khususnya yang terkait dengan penyaluran dan penggunaan dana desa. Sehingga, hasilnya lebih baik lagi dibanding 2019. Jika itu tercapai, BJ yakin alokasi dana desa akan memberi manfaat yang maksimal kepada semua gampong dan masyarakat di Aceh Besar.

Akan Gelar Rakor dengan Keuchik

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi, juga menyebutkan, untuk tahun 2020 kabupaten itu mendapat dana desa sebesar Rp 444.083.276.000. Agar penyaluran dan pengelolaan dana tersebut berlangsung secara efektif dan efisien, sebut Bahrul Jamil, pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi (rakor) dengan keuchik dan tuha peut dari seluruh desa di Aceh Besar.

"Rakor dengan para keuchik dan tuha peut untuk membahas dana desa tahun 2020 akan kita laksanakan pada 23 Desember mendatang. Rapat yang kita adakan di Jantho Sport City (JSC) itu nantinya akan menghadirkan Bupati, Kapolres, Kejaksaan, dan Sekda Aceh sebagai narasumber," ungkap BJ--sapaan akrab Bahrul Jamil, kepada Serambi, Minggu (15/12) sore.

Pada kesempatan itu, BJ juga meluruskan kabar yang menyatakan bahwa Pemkab Aceh Besar menolak rencana kunjungan kerja Sekda Aceh, ke kabupaten itu. "Kami bukan menolak, tapi kita tidak tersedia dana untuk memfasilitasi kegiatan tersebut. Sebab, untuk rakor keuchik dan tuha peut juga butuh dana besar. Apalagi, nanti Sekda Aceh juga akan kita undang sebagai salah seorang narasumber pada rakor tersebut," pungkas BJ.(jal)

Let's block ads! (Why?)

https://aceh.tribunnews.com/2019/12/16/aceh-besar-tuntas-salurkan-dana-desa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aceh Besar Tuntas Salurkan Dana Desa - Serambi Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.