Search

Dana Desa Tahap I di Bolsel Segera Cair - Tribun Manado

Dana Desa Tahap I di Bolsel Segera Cair

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU -  Pemerintah Pusat melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotamobagu, akan segera mencairkan Dana Desa (Dandes) tahap l tahun 2019 di Kabupaten Bolsel.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bolsel, Lasya Mamonto S Selasa (19/2/2019).

Lasya mengatakan, DAK tahap I sebesar 20 persen akan segera dicairkan oleh pemerintah pusat dari total Rp 68 miliar lebih.

"Sistem pencairannya terbagi tiga diantaranya yakni tahap satu 20 persen sebesar Rp13 miliar, tahap II 40 persen dan tahap III 40 persen," kata Lasya.

Dijelaskannya, sesuai dengan petunjuk pemerintah pusat untuk wilayah Sulawesi Utara (Sulut), baru dua daerah yang Dandesnya sudah bisa ditransfer, diantaranya Kabupaten Bolsel dan Boltim.

Sebab, kedua daerah ini sudah memenuhi syarat dan tinggal menunggu proses transfer dari KPPN Kotamobagu ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemkab Bolsel.

"Jadi kita tinggal menunggu ditransfer, bisa jadi pekan ini sudah masuk RKUD," terangnya.

Kabid Transfer BPKAD Bolsel, Yudhiet Usup mengakui setelah Dandes sudah ditransfer ke kas daerah, maka paling lambat tujuh hari setelah ditransfer, sudah harus dipindah bukukan ke Rekening Kas Umum Desa (RKUDes).

"Itu sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sehingga, bagi desa yang sudah selesai melakukan evaluasi, sudah bisa melakukan kegiatan pekerjaan lewat Dandes 2019," ucapnya.

Diharapkannya, instansi yang terkait agar bisa memacu proses evaluasi APBDes semua desa yang belum dievaluasi. Agar realiasi Dandes bisa langsung berjalan, setelah Dandes masuk ke RKUDes.

"Kan sudah ada beberapa desa yang telah selesai dievaluasi. Sehingga, yang belum dievaluasi harus dipacu biar sudah bisa menjalankan perencanaan 2019," tukasnya. 

Let's block ads! (Why?)

http://manado.tribunnews.com/2019/02/19/dana-desa-tahap-i-di-bolsel-segera-cair

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dana Desa Tahap I di Bolsel Segera Cair - Tribun Manado"

Post a Comment

Powered by Blogger.