Search

Blusukan di Jambi, JK Cek Penggunaan Dana Desa

TEMPO.CO, Jambi - Wakil Presiden Jusuf Kalla secara mendadak blusukan ke Desa Mekar Jaya, Kabupaten Muara Jambi, Jambi di tengah kunjungan kerjanya ke Provinsi Jambi. Di desa yang berjarak sekitar 8 kilometer dari Bandara Sultan Thaha itu, JK meninjau penggunaan dana desa yang dikucurkan dari pemerintah pusat.

"Ini kan kami harus meninjau dana desa itu pembangunannya ditujukan untuk apa. Nah di sini antara lain (untuk) bangun PAUD jalan, (membeli) mobil ambulans," kata JK usai peninjauan di lokasi, Sabtu, 24 November 2018.

Baca: Cegah Urbanisasi Berlebihan, JK: Dana Desa Bertambah Tiap Tahun

JK sempat berdialog langsung dengan Kepala Desa Mekar Jaya, Ambo Tuo, terkait penggunaan dana desa untuk layanan kesehatan masyarakat. Salah satu topiknya tentang ambulans yang baru dibeli.

"Berapa harga ambulans itu?," kata JK. "Rp 220 juta," jawab Ambo.

Sebelumnya, Ambo sempat pamer ke JK jika dengan dana desa itu pihaknya bisa membeli satu unit ambulans ini secara kontan. "Cash ini, Puang. Gak kredit," ujarnya sambil tertawa.

Baca: Jokowi Minta Dana Desa Jangan Dibawa ke Jakarta

Ambo menuturkan ambulans tersebut dipakai untuk menunjang kegiatan puskesmas pembantu yang ada. Namun sayangnya di puskesmas itu belum ada dokter.

"Sudah ada dokternya?" tanya JK.

"Belum ada dokternya, baru bidan-bidan, pak" jawab Ambo.

"Saya lihat itu ada dokter tadi?," kata JK.

"Tidak ada dokter, bidan semua, cuma bajunya memang putih-putih," ujar Ambo.

Selain itu, JK sempat menengok PAUD yang ada di desa ini. Ambo mengatakan lantaran belum lama beroperasi siswa di sini baru sekitar 20-an orang.

Baca: Cerita JK Soal Bisnisnya Gagal Tergilas Teknologi

Let's block ads! (Why?)

https://nasional.tempo.co/read/1149288/blusukan-di-jambi-jk-cek-penggunaan-dana-desa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Blusukan di Jambi, JK Cek Penggunaan Dana Desa"

Post a Comment

Powered by Blogger.