Search

Tips Rekrut Karyawan untuk Bisnis Rumah Makan

JAKARTA - Merekrut karyawan untuk bisnis restoran, cafe ataupun rumah makan menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pelaku bisnis.

Tenaga kerja yang ahli di bidangnya menjadikan nilai tersendiri untuk rumah makan mendapatkan feedback positif dari para pelanggan mereka.

BERITA TERKAIT +

Jika Anda merupakan owner usaha rumah makan baik skala kecil, menengah hingga besar maupun franchise, tips cara mencari karyawan berikut ini mungkin bisa membantu Anda dalam menyeleksi kandidat secara efektif dan efisien.

Baik masih kecil maupun besar, Anda tetap harus memperhatikan saat merekrut karyawan karena merekalah melayani konsumen selama di lapangan.

 

Jika karyawan tidak cekatan, bahkan mungkin kurang disiplin dan tidak mengikuti SOP yang ada tentu hal ini akan merugikan pemilik usaha rumah makan dan berdampak pada kepercayaan pelanggan.

 Baca Juga: 5 Bahaya Kerja Lebih dari 8 Jam

Selain membahas mengenai tips cara mencari karyawan rumah makan, berikut kita kenali dulu apa saja sih kriteria dari tenaga kerja yang cocok untuk bisnis makanan seperti dikutip karirpad, Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

Kriteria Standar Karyawan Terbaik untuk Rumah Makan

1. Jujur dan Bertanggung Jawab

Setiap orang yang tentu wajib memiliki sifat jujur dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepada mereka. Karena jika orang tersebut tidak jujur, meskipun dia ahli dalam bidangnya hal ini dapat merugikan bisnis Anda. Kenapa? karena tentunya Anda tidak ingin tiba-tiba karyawan yang Anda percaya menyembunyikan bahan makanan atau bumbu untuk dibawa pulang.

2. Rajin Bekerja dan Penuh Semangat

Saat rumah makan Anda semakin dikenal dan ramai maka tenaga kerja yang rajin dan bersemangat wajib dimiliki disini. Selain dikejar dengan tugas yang mendesak, target untuk melayani konsumen secara maksimal menjadi kunci keberhasilan dari bisnis rumah makan atau restoran.

Cari karyawan yang profesional harus mengerti bagaimana cara memanejemen waktu sebaik mungkin dan ini biasanya dimiliki oleh mereka yang rajin bekerja, disiplin dan penuh semangat.

Baca Juga: Tak Ingin Stres, Generasi Milenial Ingin Budaya Kerja Seperti Ini

3. Senang Hidup Bersih

Saat mencari karyawan, carilah orang yang terbiasa dengan kondisi bersih dan mendadak dia bisa sangat risih jika melihat ada hal yang kotor di depan dia. Kalau menemukan kandidat seperti ini berarti Anda owner rumah makan yang beruntung. Baik dari segi kebersihan lingkungan dan kebersihan masakan, dua-duanya harus dijaga di area bisnis Anda.

 

Cari Karyawan yang suka kebersihan dan kesehatan tidak akan sembarangan saat memasak dan mengelolah menu masakan untuk para pelanggan.

4. Mempunyai Hobi dan Kemauan Memasak

Jika menjalankan bisnis rumah makan, saat cari karyawan terutama dibagian koki, pilihlah kandidat yang memiliki hobi memasak.

Anda tentu tidak akan merekrut orang yang malas memasak atau bahkan tidak bisa memasak, karena justru akan menghambat bisnis Anda. Merekrut karyawan yang cinta dengan hobinya merupakan investasi terbaik untuk bisnis rumah makan, restoran, cafe, bistro ataupun warung Anda.

5. Memiliki Latar Belakang Pendidikan Terkait Usaha Makanan

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/10/13/320/1963585/tips-rekrut-karyawan-untuk-bisnis-rumah-makan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Rekrut Karyawan untuk Bisnis Rumah Makan"

Post a Comment

Powered by Blogger.