Search

Beberapa Sayuran Dinilai Lebih Baik untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Si Kecil - Medan

Sayuran bayam memiliki manfaat lebih baik dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil.(fhoto:ts/gl)

tobasatu.com|Tak ada satupun sayuran yang tidak bermanfaat bagi kesehatan anak. Tapi ada beberapa sayuran yang dinilai lebih baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak karena kandungan nutrisi di dalamnya. Sayuran inilah yang perlu bunda ketahuai.

Setiap anak memiliki kebutuhan sayuran yang berbeda-beda, tergantung usia dan jenis kelaminnya.Melansir laman Healthy Kids, berikut jumlah sayuran yang harus dikonsumsi anak-anak dalam sehari berdasarkan kedua faktor tersebut:

1 hingga 2 tahun: 2-3 sajian
2 hingga 3 tahun: 2,5 sajian
4 hingga 8 tahun: 4,5 sajian
9 hingga 11 tahun: 5 sajian
12 hingga 18 tahun: laki-laki 5,5 sajian, sementara perempuan 5 sajian.
Satu sajian sama dengan 75 gram sayuran atau setara dengan setengah mangkuk kecil bayam matang. Itu artinya, jika Anda memiliki anak berusia 7 tahun, maka kebutuhan sayur hariannya adalah sebanyak 337,5 gram.

Berikut adalah beberapa jenis sayur terbaik untuk anak:

1. Wortel
Wortel merupakan sayur yang kaya akan beta-karoten yaitu vitamin A untuk pertumbuhan anak, terutama dalam membangun sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Juga mengandung banyak vitamin B1, B3, dan B6. Vitamin B1 membantu tubuh memproduksi energi, vitamin B3 bermanfaat bagi perkembangan otak, sementara vitamin B6 diperlukan dalam perkembangan sistem saraf.

2. Brokoli
Sayuran ini, terbaik untuk pertumbuhan anak karena kaya akan vitamin A, vitamin C, dan folat. Vitamin A pada brokoli dapat menunjang kesehatan mata dan melindungi sel-sel tubuh anak dari kerusakan. Sedangkan vitamin C juga merangsang pembentukan kolagen yang berguna dalam pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh.

3. Jagung manis
Jagung manis selama ini dikenal sebagai sumber energi karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Selin itu, membentuk struktur sel, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membangun massa otot, mengatur jaringan dan organ, serta membentuk enzim dan antibodi.

4. Bayam
Sayuran hijau gelap ini mengandung vitamin A, C, E, asam folat, zat besi, kalsium, dan masih banyak lagi. Kombinasi seluruh zat gizi tersebut bermanfaat untuk perkembangan mata, perlindungan sel tubuh dari kerusakan, produksi energi, kesehatan pencernaan, serta menjaga kelangsungan fungsi tubuh selama masa pertumbuhan.(ts/hs)

Loading...

loading...

Let's block ads! (Why?)

https://www.tobasatu.com/2019/07/19/beberapa-sayuran-dinilai-lebih-baik-untuk-pertumbuhan-dan-perkembangan-si-kecil/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beberapa Sayuran Dinilai Lebih Baik untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Si Kecil - Medan"

Post a Comment

Powered by Blogger.