Search

Duh, Jelang Puasa Harga Sayuran Mulai Merangkak Naik - radartegal.com

MEMILAH HASIL PANEN - Petani memilah hasil panen di tengah mulai berlangsungnya kenaikan harga sebagai dampak kondisi cuaca. (Teguh Supriyanto/Radar Brebes)

**BREBES ** - Menjelang datangnya bulan puasa, harga sejumlah komoditas sayuran di tingkat petani yang ada di sentra produksi sayur Kecamatan Paguyangan mengalami kenaikan.

Kenaikan harga tersebut disinyalir sebagai dampak dari minimnya stok akibat rendahnya produksi seiring dengan masih berlangsunya cuaca saat ini.

"Saat ini saja beberapa jenis sayuran sudah mulai naik harga, sebab produksinya tidak maksimal akibat gangguan penyakit dampak dari tingginya hujan," kata Waluyo (56) petani Desa Pandansari, Sabtu (20/4).

Sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga, diantaranya kubis, cabe merah, tomat dan daun bawang. Kenaikan itu, menurut dia, berkisar antara Rp1.000 hingga Rp2.000/kilogram.

"Curah hujan terlalu tinggi, bukan tanpa kesulitan bagi petani. Khususnya didalam pemeliharaan tanaman akibat maraknya penyakit. Tentu berdampak merosotnya produksi, sehingga harga jualnya semakin tinggi," ungkapnya.

Disisi lain, lanjut Waluyo, menjelang bulan puasa kebutuhan masyarakat tetap harus terpenuhi.

"Sebagaimana hukum yang berlaku di pasar, jika produksi melimpah maka harga akan turun. Sebaliknya, jika produksi menurun maka harga akan naik. Kebetulan di wilayah kami ketersediaan masih bagus," jelasnya.

Tidak semua jenis sayuran mengalami kenaikan harga seperti yang terjadi saat ini. Tanaman wortel sebagai salah satu komoditas andalan yang ditanam para petani di sana, masih dalam kondisi harga stabil, yakni Rp3.500 per kilogram.

Dikatakan, Muhaemin (60) petani lainnya, dengan curah hujan yang tinggi, para petani dihadapkan pada penambahan biaya untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan.

"Sebab hama penyakit, rawan menyerang selama musim hiujan. Sehingga biaya yang dikeluarkan lebih tinggi untuk pembelian obat-obatan," terangnya.

Biaya lain yang harus dikeluarkan adalah upah untuk buruh tani yang bertugas menyemprot, hingga memelihara tanaman lebih ekstra di ladang.

"Padahal tidak lama lagi akan datang bulan puasa, sehingga sudah bisa dipastikan harga jual akan naik karena kondisi ini," pungkasnya. (pri/wan)

Let's block ads! (Why?)

https://radartegal.com/berita-lokal/duh-jelang-puasa-harga-sayuran-mulai-merangkak.29913.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duh, Jelang Puasa Harga Sayuran Mulai Merangkak Naik - radartegal.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.