Search

Kemendag Jamin Harga Sembako Aman - Suara Merdeka CyberNews


Kemendag Jamin Harga Sembako Aman

SUKOHARJO- Pasokan bahan kebutuhan pokok di wilayah Jawa Tengah (Jateng) menjelang libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dijamin terkendali. Bahkan harga-harga sembako relatif aman, tidak ada kenaikan yang signifikan. Hal itu disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Perdagangan, Eva Yuliana di selasela pasar murah di Kartasura, Sukoharjo, Kamis (20/12).

"Alhamdulillah sampai saat ini stok sembako di regional Jateng aman, terjaga dengan baik. Tidak ada yang perlu diresahkan oleh masyarakat," kata Eva, kemarin. Pemantauan stabilitas harga dan stok sembako di sejumlah wilayah Jateng sudah dilakukan.

Dari beberapa pasar yang dipantau, harga sembako stabil, artinya tidak perlu dikhawatirkan saat Natal dan Tahun Baru. Kondisi tersebut diyakini akan berjalan sampai beberapa bulan kedepan. "Kami sudah memantau di sejumlah pasar, aman. Pantauan akan terus dilakukan untuk mengetahui kondisi terbaru," katanya.

Dari pantauan, memang ada harga yang naik, seperti cabai. Tapi kenaikan tidak signifikan, hanya Rp 1.000. "Harga cabai naik karena pengaruh musim penghujan. Tapi tidak signifikan, hanya Rp 1.000, masih dalam tahap kewajaran, yang lain tidak," sambungnya.

Eva akan terus menginformasikan kondisi terbaru soal stok dan harga sembako ke masyarakat. Kemendag berkomitmen menjaga stabilitas harga dan pasokan sembako terjaga baik. Kemendag sudah meminta agar pemerintah daerah meningkatkan koordinasi antarinstansi, operasi pasar, dan menjaga kelancaran distribusi pasokan yang didukung dengan kesiapan moda angkutan barang. ìKami juga minta pelaku usaha agar tidak menaikan harga secara tidak wajar dan menimbun. Pemerintah pusat dan daerah akan melakukan pengawasan terpadu bersama aparat keamanan,î ujarnya.

Berdasarkan hasil pantauan, harga beras medium Rp 9.000, beras premium Rp 11.000/kg, gula pasir Rp 11.000/kg, minyak goreng curah Rp 11.000/liter, daging sapi Rp 100.000/kg-Rp 110.000/kg, bawang merah Rp 22.000/kg, bawang putih Rp 15.000/kg, cabe merah keriting Rp 18.000, cabe merah besar Rp 21.000/kg dan cabe rawit Rp 34.000 /kg. ìPeninjauan tidak hanya dilakukan di pasar tradisional tapi juga ritel modern,î tandas dia. (wel-31)


Berita Terkait

Loading...

Let's block ads! (Why?)

https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/154554/kemendag-jamin-harga-sembako-aman

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemendag Jamin Harga Sembako Aman - Suara Merdeka CyberNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.