Wuling mengklaim, Formo adalah pilihan tepat warga Indonesia yang sedang menggeluti bisnis. Selain harga murah yang ditawarkan, mini van tersebut dinyatakan lebih nyaman. Benarkan begitu? Mari kita bandingkan dengan melihat situs resmi masing-masing (Wuling Formo dan Daihatsu Gran Max).
Berbicara dimensi, Wuling Formo memiliki tubuh yang lebih panjang yakni P x L x T 4.493 x 1.691 x 1.715. Sedangkan Gran Max adalah 4.045 mm x 1.665 mm x 1.900 mm dengan jarak sumbu roda 2.650 mm.
Tapi ketika berbicara mesin, Formo memiliki kapastitas yang lebih kecil yakni 1.200cc dengan konfigurasi 4 silinder, transmisi manual 5 percepatan, dan berpenggerak roda depan. Kombinasi tersebut membuat mobil mampu mencapai kekuatan maksimum 77 dk di 5.600 rpm dan torsi puncak 110 Nm di 3.600-4.600 rpm. Sementara Gran Max menawarkan dua pilihan mesin yakni 1.300cc dan 1.500cc.
Untuk membuka pintu, Wuling Formo masih menggunakan sistem konvensional. Belum pintu geser sebagaimana Gran Max. Di pintu bagian belakang, Gran Max juga sudah menggunakan 'front facing' yang umum dipakai pada kendaraan model hatchback dan SUV.
Terkait kenyamanan mengemudi, detikOto memang belum dapat kesempatan. Tapi melihat posisi transmisi, Wuling Formo menerapkan gaya konvensional mobil keluarga yakni menaruh transmisi di bagian tengah (center console). Sedangkan Gran Max, menaruhnya di depan (dekat AC) sehinga ruang penyimpanan lebih besar dan mudah menjangkau tuasnya.
![]() |
Masuk ke dalam, Wuling Formo belum menyediakan headrest di kursi penumpang, berbeda dengan Gran Max terbaru.
Wuling Formo maupun Gran Max memiliki konfigurasi kursi 8 penumpang. Tempat duduk pun mirip-mirip, yakni seperti mobil keluarga yang semuanya menghadap kedepan. Namun bangku penumpang bagian belakang di Gran Max belum dilengkapi sabuk pengaman meski di baris kedua sudah disematkan sandaran tangan atau arm rest berukuran cukup besar.
![]() |
Fitur lainnya ialah, Wuling Formo sudah dilengkapi Electric Power Steering (EPS) sedangkan Gran Max masih Power Steering. Suspensinya, Formo menggunakan McPherson Strut Coil Spring di depan dan Coil Spring Semi Independent di belakang. Gran Max sendiri mempercayai Mac Pherson Struts dengan per keong di depan dan 5 link, rigid-axle di bagian belakang untuk suspensinya.
Wuling Formo memiliki banderolan mulai dari Rp 135.800.000 sampai Rp 136.800.000. Sementara Gran Max yang ditawarkan dalam dua pilihan mesin dihargai mulai dari Rp 155.375.000 sampai Rp 188.775.000. (ruk/dry)
https://oto.detik.com/mobil/d-4293009/adu-fitur-wuling-formo-vs-gran-max-pilih-manaBagikan Berita Ini
0 Response to "Adu Fitur Wuling Formo Vs Gran Max, Pilih Mana?"
Post a Comment