Search

Kemendag Gandeng TNI Amankan Perdagangan di Kawasan Perbatasan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengamankan perdagangan dan melindungi konsumen di kawasan perbatasan.

Hal itu diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman tentang Pengamanan di Bidang Perdagangan dan Perlindungan Konsumen di Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menteri Perdagangan, Enggartisto Lukita, mengatakan kesepakatan ini juga akan sangat membantu dalam menangkal efek negatif eskalasi perang dagang yang sedang terjadi.

Dia menjelaskan, perang dagang mengharuskan beberapa negara yang terlibat untuk mencari pasar baru, untuk memasarkan produknya. Indonesia dengan jumlah penduduk besar tentu menjadi pasar potensial bagi masuknya barang-barang tersebut.

"Yang disebut dengan perang dagang yang berbeda dengan perang yang disebutkan Pak Panglima, bisa berakibat terganggunya ekonomi kita, yaitu arus masuk secara ilegal yang begitu besar, tekanannya karena produksi di negara-negara tertentu berlebih dan tidak bisa terjual maka dia akan lihat negara mana dengan penduduk yang besar," kata dia, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Dia menuturkan, peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) amat dibutuhkan terutama untuk menjaga agar arus barang yang terjadi secara ilegal di kawasan wilayah perbatasan

"Kalau masuk secara legal maka kami dengan dukungan penuh Polri dan Bea Cukai sampai saat ini kita lakukan pengamanan. Tapi yang berpotensi timbul kerawanan adalah di daerah-daerah perbatasan yang masuk secara ilegal," kata dia.

Oleh karena itu, dia mengatakan penandatangan nota kesepahaman dengan TNI merupakan upaya pemerintah Indonesia untuk mengawasi arus barang serta memperkuat aspek perlindungan konsumen.

"Kepada siapa lagi kita bisa minta tolong. Kepada siapa lagi masyarakat perbatasan itu bisa bersandar. Maka kita percayakan kepada TNI," tegas Enggartiasto.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3674629/kemendag-gandeng-tni-amankan-perdagangan-di-kawasan-perbatasan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemendag Gandeng TNI Amankan Perdagangan di Kawasan Perbatasan"

Post a Comment

Powered by Blogger.