Search

Fakta-Fakta Rupiah Terabas Rp15.200/USD, Nomor 5 Ada 'Keuntungan'

JAKARTA - Rupiah memasuki babak baru di era tekanan jual yang semakin besar. Kurs Rupiah merosot ke level di level Rp15.248 per USD, terendah dalam dua dekade atau sejak 1998.

Berbagai faktor memberikan sentimen bagi investor terhadap pasar berkembang semakin meredup dalam beberapa pekan terakhir, termasuk perkembangan situasi dagang, ekspektasi kenaikan suku bunga AS, dan apresiasi Dolar. Berikut ini fakta-fakta rupiah terabas Rp15.200 per USD, yang dirangkum Okezone Finance:

BERITA TERKAIT +

1. Rupiah Anjlok, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Rupiah dan perekonomian Indonesia kini tengah dalam tren penurunan setelah mencapai level Rp15.200 per USD. Masyarakat pun diimbau tetap tenang dalam kondisi seperti itu.

Baca Juga: Rupiah Rp15.100/USD Masih Bisa Ditoleransi?

Pengamat Komunikasi Publik Adi Suparto menjelaskan bahwa menurunnya perekonomian Indonesia bukan menjadi acuan ketidakmampuan pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional. Beredarnya meme dan ujaran di media sosial justru akan makin membuat gaduh negara. "Seharusnya masyarakat mempercayakan pemerintah dalam menangani permasalahan ekonomi, sebagaimana diamanatkan undang-undang. Bukan malah sebaliknya membuat Meme yang menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat," kata Adi.

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Melemah Jadi Rp14.940 per Dolar AS

2. Sudah Tembus Rp15.200/USD, Sri Mulyani Beri Sinyal Rupiah Masih Akan Hadapi Tekanan

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, pelemahan Rupiah dipicu kenaikan imbal hasil (yield) surat utang pemerintah AS (US Treasury) 10 tahun yang kini mencapai di atas 3,4%. Persentase tersebut meingkat tajam, mengingat selama ini suku bunga US Treasury 10 tahun sebesar 3%.

Baca Juga: Presiden ADB: Ekonomi RI Kuat, Depresiasi Rupiah Terlalu Berlebihan

"Jadi melihat bahwa dinamika perekonomian AS itu sangat mendominasi dan pergerakannya itu sangat cepat sekali kalau dulu treshold untuk bond-nya AS yang 10 tahun adalah 3%, jadi waktu mereka mendekati 3%, memunculkan reaksi dari seluruh pergerakan terutama nilai tukar dan suku bunga internasional, sekarang sudah di atas 3 persen," jelas.

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Melemah Jadi Rp14.940 per Dolar AS

Ke depan, lanjut dia, juga dihadapkan kenaikan suku bunga acuan AS (Fed Fund Rate/FFR) akan terus berlanjut. Tahun ini akan sekali lagi mengalami kenaikan, setelah sebelumnya sudah 3 kali, sedangkan di tahun 2019 diperkirakan akan terjadi dua kali.

(Feb)

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/10/14/278/1963811/fakta-fakta-rupiah-terabas-rp15-200-usd-nomor-5-ada-keuntungan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fakta-Fakta Rupiah Terabas Rp15.200/USD, Nomor 5 Ada 'Keuntungan' "

Post a Comment

Powered by Blogger.