Search

Lotte Bakal Bangun 60 Bioskop di Indonesia

JAKARTA - Investasi asing pada industri kreatif Indonesia melalui pembangunan bioskop kian bertambah. Kali ini dari Lotte Group, perusahaan asal Korea Selatan.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyebutkan, Lotte Group akan masuk dengan investasi Lotte Cinema di 60 titik seluruh Indonesia. Namun, dalam tahap awal akan dibangun satu bioskop sebagai prototipe.

BERITA TERKAIT +

Baca Juga: 16 Industri Kreatif Topang Perekonomian Nasional

"Korea Selatan akan investasi besar, Lotte Cinema. Cuma investasi di awal mereka bikin prototipe dulu, bikin satu. Diukur oleh dia, selera penonton terhadap interiornya, dan lain-lain," katanya di Resto Kaum, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Bioskop prototipe ini akan dibangun di Lotte Mart Fatmawati, Jakarta Selatan. Setelah bioskop ini maka akan berkembang ke 60 titik di Indonesia.

Kendati demikian, soal total investasi dari Lotte Group tersebut, Triawan belum dapat menyebutkannya. Namun, kebutuhan untuk investasi satu bioskop diperkirakan sebesar Rp4-5 miliar.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Keberagaman Jadi Kekuatan Industri Kreatif di Tanah Air

"Sebanyak-banyaknya yang kita harapkan (jumlah investasinya). Tapi mereka sudah book (pesan) 60 spot," sebutnya.

Sebelum Lotte Group, investasi bioskop oleh perusahaan Korea Selatan sudah ada yakni dari CJ CGV. Perusahaan Negeri Gingseng ini mengakuisisi PT Graha Layar Prima Tbk, pemilik jaringan bioskop blitz, pada tahun 2016 lalu.

Kemudian dilakukan rebranding dari Blitzmegaplex ke CGV Blitz, hingga akhirnya kini menjadi CGV Cinema.

Triawan menjelaskan, industri ini berkembang pesat sejak dihapusnya industri perfilman dan bioskop nasional dalam Daftar Negatif Investasi (DNI) melalui paket kebijakan ekonomi jilid 10 terkait dengan sektor investasi di akhir tahun 2015 lalu.

"Selain investasi di bioskop, juga berkembang ke Co-production sudah mulai banyak sekarang, CGV, FOX sudah masuk, yang tadinya tidak mungkin," kata dia.

(Feb)

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/25/320/1955519/lotte-bakal-bangun-60-bioskop-di-indonesia

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lotte Bakal Bangun 60 Bioskop di Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.