Search

Suku Bunga The Fed Naik, Menko Darmin: Itu Sudah Berkali-kali

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menanggapi santai wacana Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) yang akan menaikan suku bunganya. Sudah beberapa kali The Fed menaikan suku bunga dalam satu tahun belakangan ini.

Pemerintah pun menganggap wacana kenaikan The Fed menjadi sesuatu hal yang biasa. Bahkan saat ditanyai apakah akan berdampak kepada perekonomian Indonesia, Darmin menanggapinya dengan tertawa yang menandakan kenaikan suku bunga The Fed menjadi sesuatu hal yang biasa.

BERITA TERKAIT +

Baca Juga: Ancaman Perang Dagang AS hingga Suku Bunga Fed, Apa yang Dilakukan Pemerintah?

"Ah ya itu kan sudah berkali-kali suku bunga (Fed Fund Rate) dinaikan," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta Selasa (25/9/2018).

Sebagai informasi, The Fed diprediksi akan kembali menaikan suku bunga acuan mereka pada Rabu (25/9/2018) mendatang. Jika hal tersebut terjadi, artinya sudah sebanyak tiga kali The Fed menaikan suku bunga acuannya pada tahun ini dan masih akan dinaikan kembali pada akhir tahun nanti.

Baca Juga: Gubernur The Fed: Suku Bunga Naik tapi Bertahap

Saat ini, suku bunga acuan The Fed mencapai 1,75-2%. Nantinya bank sentral AS itu diprediksi akan menaikkan 25 basis poin lagi di bulan ini.

Bank Indonesia (BI) sendiri sebelumnya telah memprediksi The Fed akan empat kali menaikkan suku bunga acuan di tahun ini. Adapun selanjutnya kenaikan FFR akan dilakukan pada September ini dan Desember mendatang.

BI sendiri telah melakukan langkah antisipasi dengan jargonnya front loading, preemptive, dan ahead of the curve. Suku bunga acuan BI hingga saat ini telah meningkat 125 basis poin menjadi 5,5% .

(Feb)

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/25/20/1955564/suku-bunga-the-fed-naik-menko-darmin-itu-sudah-berkali-kali

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Suku Bunga The Fed Naik, Menko Darmin: Itu Sudah Berkali-kali "

Post a Comment

Powered by Blogger.