Search

Revisi Dagang AS-Korsel Diteken, Peluang Produsen Mobil dan Farmasi

loading...

NEW YORK - Donald Trump telah menandatangani perjanjian perdagangan yang telah direvisi dengan Korea Selatan (Korsel), yang ditujukan untuk memperluas peluang bagi produsen mobil dan perusahaan farmasi AS. Hal ini menandai kesepakatan pertama yang diselesaikan oleh presiden AS, untuk memenuhi janjinya merombak hubungan perdagangan Negeri Paman Sam -julukan AS-.

Pada konferensi pers di New York, Trump menyebutkan pembaruan dari perjanjian dagang yang dimulai 2012 merupakan "kesepakatan yang sangat besar". Sebelumnya Gedung Putih pertama kali mengumumkan garis besar perubahan pada bulan Maret, lalu. Sebagian besar analis mengatakan revisi yang tercantum dalam perjanjian dagang AS dan Korsel relatif sederhana.

Penyelesaian pakta itu terjadi ketika Trump tengah menghadapi sejumlah kontroversi politik, termasuk tuduhan pelecehan seksual terhadap calok hakim Mahkamah Agung yang jadi pilihannya. Pada sektor bisnis juga mencuat kekhawatiran seputar dampak dari pembalasan kebijakan tarif impor tinggi yang diterapkan pemerintahan Trump kepada impor baja dan aluminium serta produk-produk asal China.

Trump di sela-sela Majelis Umum PBB mengutarakan, penandatangan revisi perjanjian dagang menjadi hari besar bagi AS dan Korea Selatan. Dia menggambarkan pakta yang direvisi sebagai "perjanjian baru" dan tanda bahwa strategi perdagangannya berhasil. "Selain kesepakatan ini, kami masih memiliki banyak pekerjaan, dan mereka telah sepakat untuk berlaku adil," ungkap Trump.

Sementara itu Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In memusatkan perhatiannya kepada proses pembicaraan denuklirisasi dengan Korea Utara, di mana AS terlibat. Dia mengatakan perjanjian perdagangan baru, masih membutuhkan persetujuan oleh parlemen Korea Selatan, serta menjadi tanda kemitraan yang kuat antara AS dan Korea Selatan.

Rincian Kesepakatan Dagang AS dan Korsel

AS memulai negosiasi dengan Korea Selatan tahun lalu, menyusul kritik Trump atas kesepakatan yang dimulai pada 2012 itu yang dinilainya sebagai "jalan satu arah". Berdasarkan kesepakatan baru, Korsel telah setuju untuk mengecualikan hingga 50.000 mobil per produsen AS per tahun dari persyaratan keselamatan Korea Selatan. Angka ini dua kali lipat dari jumlah saat ini dan jauh lebih tinggi daripada yang diekspor perusahaan Amerika.

Negara ini juga telah menyetujui perubahan seperti perbaikan prosedur kepabeanan dan amandemen terhadap kebijakan penetapan harga obat bius. Kesepakatan itu juga memperluas tarif 25% AS terhadap truk Korea Selatan hingga 2041. Hal itu dijadwalkan akan berakhir pada 2021. Secara terpisah, AS setuju untuk mengecualikan sejumlah baja dari Korea Selatan atas tarif 25% yang diumumkan Trump pada Maret.

Keputusan itu setara dengan 70% dari rata-rata impor AS dari 2015 hingga 2017. Korea Selatan dan AS seperti diketahui merupakan mitra dagang utama, dengan hampir nilai perdagangan kedua negara mencapai USD155 miliar dalam barang dan jasa pada tahun 2017.

(akr)

Let's block ads! (Why?)

https://ekbis.sindonews.com/read/1341069/35/revisi-dagang-as-korsel-diteken-peluang-produsen-mobil-dan-farmasi-1537859289

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Revisi Dagang AS-Korsel Diteken, Peluang Produsen Mobil dan Farmasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.