Search

Resmi, Kurma dan Minyak Zaitun Palestina Bebas Bea Masuk ke RI

JAKARTA - Pemerintah Indonesia melakukan penandatanganan pengaturan pelaksanaan atau Implementing Arrangement (IA) dengan negara Palestina, terkait pemberian preferensi penghapusan tarif bea masuk 0% bagi produk kurma dan virgin olive oil (minyak zaitun murni).

Kerjasama sama ini ditandai dengan penandatanganan dari pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartisto Lukita dan Duta Besar Palestina di Indonesia Zuhair Al-Shun.

BERITA TERKAIT +

"Penandatanganan IA tersebut, menandai bea masuk 0% bagi produk kurma dan minyak zaitun murni Palestina ke Indonesia semakin mendekati kenyataan. Implementasi ditargetkan dapat mulai sekitar satu bulan setelah penandatanganan ini," ujar Enggar di Jakarta, Senin (6/8/2018).

 

Nantinya, lanjut dia, Indonesia akan mengirim nota diplomatik ke Palestina sebagai tanda bahwa implementasi telah dimulai. Dia juga menuturkan, dokumen IA, ini adalah petunjuk teknis MoU penghapusan bea masuk 0% bagi produk kurma dan minyak zaitun dari Palestina ke Indonesia.

"Penandatanganan IA ini, merupakan tindak lanjut dari ratifikasi atau MoU antara Palestina dan Indonesia," tuturnya.

Dia menjelaskan, proses ratifikasi MoU telah selesai dengan ditertibkannya Perpes Nomor 34 Tahun 2018 tentang pengesahan MoU Palestina pada 11 April 2018.

"Kami berharap, penandatanganan IA ini, dapat mempercepat implementasi MoU RI-Palestina. MoU ini juga memberikan mandat pembentukan instrumen untuk fasilitasi ekspor dari Palestina dengan cara menghapus tarif bea masuk ke Indonesia," ungkapnya.

 

Dia menambahkan, hal ini sebagai bentuk dukungan rakyat Indonesia terhadap perjuangan Palestina. "Khususnya dalam meningkatkan perekonomian rakyat Palestina," pungkasnya.

Seperti diketahui, MoU penghapusan bea masuk kurma dan minyak zaitun murni Palestina ke Indonesia menjadi 0% sudah ditandatangani Mendag Enggartiasto dan menteri ekonomi nasional Palestina Abeer Odeh pada 12 Desember 2017 lalu.

(dni)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/08/06/320/1932649/resmi-kurma-dan-minyak-zaitun-palestina-bebas-bea-masuk-ke-ri

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Resmi, Kurma dan Minyak Zaitun Palestina Bebas Bea Masuk ke RI"

Post a Comment

Powered by Blogger.