Search

Wamen BUMN: Anak Usaha Garuda Tak Produktif, Kami Tutup - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menegaskan opsi penutupan anak usaha maupun cucu usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Penutupan dilakukan untuk anak usaha dan cucu usaha yang tidak produktif.

Keputusan itu akan diambil usai Kementerian BUMN mengkaji kinerja kelompok usaha Garuda. "Kami akan review semua. Kalau ada anak usaha yang tidak produktif, ya kami akan tutup lah. Kami lihat terlalu banyak. Ada cicit semua," ujar pria yang akrab disapa Tiko, Jumat (13/12).

Mantan dirut Bank Mandiri tersebut mengatakan inti anak usaha Garuda adalah PT GMF AeroAsia Tbk. Entitas anak itu bergerak di bidang perawatan pesawat atau maintenance repair and overhaul (MRO).

Tidak cuma GMF Aeroasia, Garuda juga memiliki anak-anak usaha lainnya, seperti Citilink Indonesia, Gapura Angkasa, Aerowisata, Sabre Travel Network Indonesia. Tak terkecuali cucu usaha yang namanya sempat membuat Menteri BUMN Erick Thohir tertawa lebar, yakni Garuda Tauberes Indonesia.

Garuda Tauberes bergerak di bidang jasa layanan pengiriman, dengan tiga produk, yakni kirim paket, kargo udara dan belanja online. "Yang lain-lain yang tidak memberikan value akan kami review," ucapnya.

Sentilan terhadap anak dan cucu usaha Garuda Indonesia itu berkaitan dengan posisi eks Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara yang menjabat sebagai komisaris dalam enam anak dan cucu usaha Garuda. Erick Thohir mengaku sedang melakukan review aturan rangkap jabatan.

"Karena itu sesuatu yang menurut saya tidak sehat. Masa sudah jadi dirut, jadi komisaris di banyak perusahaan," paparnya.

Berikut daftar perusahaan yang dijabat oleh Ari Askhara.

1.Komisaris Utama PT GMF AeroAsia (anak)
2. Komisaris Utama PT Citilink Indonesia (anak)
3. Komisaris Utama PT Aerofood Indonesia (cucu)
4. Komisaris Utama PT Garuda Energi Logistik & Komersil (cucu)
5.Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Air Charter (cucu)
6. Komisaris Utama PT Garuda Tauberes Indonesia (cucu)
[Gambas:Video CNN]


(ulf/bir)

Let's block ads! (Why?)

https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMic2h0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vZWtvbm9taS8yMDE5MTIxMzE2MjM0NS05Mi00NTY3ODEvd2FtZW4tYnVtbi1hbmFrLXVzYWhhLWdhcnVkYS10YWstcHJvZHVrdGlmLWthbWktdHV0dXDSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wamen BUMN: Anak Usaha Garuda Tak Produktif, Kami Tutup - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.