Search

Tips Bagi Selebgram & YouTuber Biar Tak Jatuh Miskin - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC IndonesiaWorld Bank mengatakan influencer media sosial menjadi profesi yang menjanjikan untuk masa depan. Namun, mereka harus punya asuransi untuk melindungi kehidupannya.

Kendati demikian, Lead Economist World Bank for Indonesia Frederico Gill Sander mengingatkan agar para influencer sebaiknya memiliki asuransi hari tua untuk mengamankan pendapatannya.

"Mereka harus punya dana pensiun. Karena seperti diketahui, influencer medsos akan menjadi jutawan di masa depan," ujarnya di Energy Building, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Sambil berkelakar, Federico mengatakan, meskipun influencer berada di kelas menengah yang tidak mendapat bantuan sosial untuk kesehatan dari pemerintah.


"Influencer medsos berada di kelas menengah. Jadi dia tidak akan memenuhi syarat penerima bantuan sosial," jelasnya dan diikuti gelak tawa para hadirin di dalam ruangan.

"Penghasilannya terlalu tinggi untuk menerima bantuan sosial seperti PKH sehingga menerima bantuan sosial tidak bisa. Tetapi menurut rekomendasi Bank Dunia, dia akan ini akan mendapat paket asuransi dasar ini termasuk asuransi kesehatan dasar BPJS dan mungkin termasuk asuransi pengangguran," jelasnya.

Untuk membantu influencer mandapatkan jaminan hari tua, Bank Dunia menyarankan, Indonesia mengadopsi sistem asuransi modern. Sehingga, ke depan jika terjadi sesuatu terhadap keuangan pekerja informal seperti influencer masih memiliki dana melanjutkan hidup.

"Indonesia bisa mengadopsi program perlindungan sosial modern. Di dalam program perlindungan sosial modern, pemerintah akan membayar kredit yang akan memberi pensiun kecil untuk pekerja informal ini," jelasnya.

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20191211183524-37-122331/tips-bagi-selebgram-youtuber-biar-tak-jatuh-miskin

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Bagi Selebgram & YouTuber Biar Tak Jatuh Miskin - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.