Search

Hasil Investigasi Jatuhnya Lion Air JT 610 Diumumkan Agustus 2019

Liputan6.com, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menjanjikan akan segera merampungkan proses penyelidikan terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT 610, di Perairan Karawang, Jawa Barat, pada Oktober 2018.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono, mengatakan bahwa hasil investigasi ditargetkan akan diumumkan pada Agustus 2019.

"Terkait seluruh hasil investigasi ini akan disampaikan oleh KNKT pada final report yang dijadwalkan akan dipublikasikan pada bulan Agustus atau September 2019," kata dia, di Kantor KNKT, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

KNKT pun telah melakukan kunjungan ke Boeing untuk melakukan rekonstruksi penerbangan Lion Air JT 610 menggunakan engineering simulator dan diskusi terkait sistem pesawat B737-8 (MAX).

"KNKT juga telah berdiskusi dengan Boeing dan FAA terkait design system MCAS (Manuvering Characteristic Augmentation System) dan approval yang diberikan oleh FAA," imbuhnya.

Sementara Ketua Subkomite Investigasi KNKT Nurcahyo Utomo mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan 90 persen data yang diperlukan dalam proses investigasi.

"Kami kumpulkan tim dan bicarakan arah analisa. Sekarang tim bagi tugas apa kerjakan apa. Kalau perlu data tambahan akan diisi. Kalau diperlukan ditulis akan jadi draft laporan lalu kirim ke AS, Ditjen Perhubungan Udara, Lion Air, minta tanggapan dari data draft ada yang salah tidak," jelas dia.

Proses pemberian tanggapan masih berlangsung selama dua bulan ke depan dan diharapkan akan rampung di Juni. "Masa pemberian tanggapan 2 bulan. Juni harapannya selesai draft. Agustus sampaikan," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3922939/hasil-investigasi-jatuhnya-lion-air-jt-610-diumumkan-agustus-2019

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hasil Investigasi Jatuhnya Lion Air JT 610 Diumumkan Agustus 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.