Search

Perkenalkan Sayuran Hijau Sejak Dini - Balikpapan Pos

PROKAL.CO, BALIKPAPAN- Sebagian anak kecil atau balita tak suka mengonsumsi sayuran hijau. Mereka lebih tertarik pada makanan siap saji. Sehingga demi memakan sayuran, tak jarang buah hati harus dipaksa. Atas dasar itulah yang membuat sekolah PAUD se-Kecamatan Balikpapan Timur (Baltim) melakukan studi wisata dengan memperkenalkan dan mengajarkan, baik cara menanam, memanen, dan mengelola sayuran. Dalam kegiatan tersebut turut didampingi langsung oleh Kepala Himpaudi Baltim Ika Handayani. Serta turut melibatkan bantuan dari Pokdarwis Lamaru.

Seperti yang dilakukan Selasa (19/1) dan Kamis (21/2) kemarin, dimana 96 murid dari 5 sekolah PAUD, yakni KB Al-Ajwa III, BAP Mawar Putih II, Nusa Indah II, KB Darunnajah, KB Nurul Hijrah menyambangi kawasan Pantai Nirmala, Jalan Sosial Dalam, Kelurahan Lamaru. Dimana sepanjang jalan menuju destinasi pantai tersebut, terhampar sayuran hijau di lahan milik petani warga sekitar.

"Kebetulan di sini ada ada tiga destinasi yang bisa diajarkan dan diperkenalkan kepada anak, yakni Pantai Nirmala, cagar budaya Makam Jepang, dan perkebunan," kata Ika Handayani.

Ika menuturkan, khususnya untuk berkebun sayur-sayuran, terdapat teori pembelajaran dan praktik. Sehingga bisa diperkenalkan ke anak-anak bagaimana cara menanam, merawat, panen, hingga nantinya dapat dikonsumsi.

"Apalagi kalau dia (murid PAUD, Red) menanam sendiri, mengetahui proses berkebun, serta memasak sendiri di sekolah, itu lebih excited tanpa harus dipaksa. Sehingga nantinya mereka menyukai dan mengonsumsi sayuran," papar Ika yang juga Kepala BAP Mawar Putih II.

Dijelaskan, dipilihnya kawasan Pantai Nirmala dikarenakan tak semua masyarakat Lamaru mengetahui. "Ya di sini ada makam Jepang, jadi kami memperkenalkan peninggalan sejarah sejak dini kepada anak-anak. Hal lainnya, banyak yang belum mengetahui Pantai Nirmala, karena memang masih baru, dan tak semuanya pernah mengunjunginya. Mereka (warga, Red) lebih senang ke Pantai Manggar. Saya pinginnya warga di sini juga tahu kalau di Lamaru juga punya pantai yang bisa dikelola," imbuhnya.

Untuk diketahui, anak-anak PAUD bukan hanya mengunjungi Pantai Nirmala, cagar budaya Makam Jepang, serta belajar menanam dan panen sayuran, tetapi selepas atau hendak pulang diberikan oleh-oleh sayuran (bingkisan) dan buah kelapa untuk dikonsumsi di rumah masing-masing. (wal/cal)

Let's block ads! (Why?)

http://balikpapan.prokal.co/read/news/243047-perkenalkan-sayuran-hijau-sejak-dini.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perkenalkan Sayuran Hijau Sejak Dini - Balikpapan Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.