Search

Berapa Dana yang Disiapkan agar Bisa Pensiun dengan Tenang?

Sebelum mulai menghitung dana pensiun, cek dulu keadaan Anda saat ini. Karena kebutuhan dana pensiun itu beda-beda untuk tiap orang. Faktor pembedanya antara lain biaya yang belum lunas, tanggungan anak, gaya hidup, penyakit yang diderita, dan lain-lain.

Pertama-tama, catat dulu jumlah gaji terakhir serta perkiraan usia pensiun. Katakanlah usia Anda saat ini baru 25 tahun. Penghasilan per bulan sebesar Rp 8 juta. Sedangkan tujuan Anda untuk mengumpulkan dana pensiun itu untuk memenuhi berbagai hobi serta mengunjungi banyak tempat wisata. Anggaplah saat itu Anda sudah tidak lagi punya tanggungan khusus semisal utang, tanggungan anak, dan lain-lain.

Katakanlah dengan menyisihkan Rp 6 juta dari gaji Anda, nantinya bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan semasa pensiun. Perlu dicatat, bahwa nilai Rp 6 juta saat ini bisa jauh berbeda dengan 30 tahun mendatang. Soalnya rata-rata kenaikan inflasi dari beberapa tahun terakhir berkisar antara 4-5 persen per tahunnya.

Berikut perhitungan yang bisa Anda lakukan:

Nilai uang sekarang: Rp 6 juta

Rate period: 0,416 persen

#periods: 360

Total: Rp 26.742.473.61,00

Keterangan:

Rate period itu perkiraan naiknya inflasi 5 persen per 12 bulan.

#periods itu total bulan dalam periode tahun tertentu. Dengan kata lain, ketika hendak menghitung untuk 30 tahun mendatang maka sama dengan 360 bulan.

Berdasarkan perhitungan tersebut, maka uang senilai Rp 6 juta sekarang, bisa melambung hingga Rp 26,7 juta untuk 30 tahun mendatang. Minimal, dalam waktu 13 tahun, Anda butuh biaya kurang lebih Rp 4,1 miliar dengan perhitungan Rp 26,7 juta dikalikan 156 bulan. Siapkah untuk menghadapi masa-masa tersebut?

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3841210/berapa-dana-yang-disiapkan-agar-bisa-pensiun-dengan-tenang

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berapa Dana yang Disiapkan agar Bisa Pensiun dengan Tenang?"

Post a Comment

Powered by Blogger.