Search

'Farm To Table' Ajak Hidup Sehat dengan Belanja Buah dan Sayur ...

JawaPos.com - Konsep gizi seimbang setiap hari harus dilengkapi sayur dan buah. Konsumsi sayur dan buah akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi tubuh. Membiasakan gaya hidup sehat, pusat perbelanjaan AEON Mall BSD City bekerja sama dengan Kementerian Pertanian mengemas rangkaian acara bertajuk Farm To Table.

Melalui program ini, ibu rumah tangga bisa memilih beragam buah dan sayur lokal segar yang berlangsung mulai 25 Oktober hingga 4 November 2018. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat.

"Farm To Table dapat memberikan kesempatan kepada para petani untuk dapat memperkenalkan produk unggulan lokal mereka kepada para customer yang kualitasnya tidak kalah dengan produk impor. Para petani berasal dari berbagai daerah sekitar Jawa Tengah dan Jawa Barat memperkenalkan gaya hidup sehat," kata Direktur PT. AMSL Indonesia Alphonzus Widjaja baru-baru ini.

Gaya Hidup Sehat, Biasakan Belanja Buah dan Sayur Lokal
Pameran buah dan sayuran lokal dalam Farm To Table. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Kepala Bidang Konsumsi Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Yuliva mengungkapkan baha masih banyak buah dan sayur langka yang tak diketahui masyarakat. Sedikitnya ada 300 buah lokal yang kurang diketahui.

"Farm To Table juga mengajak masyarakat agar dapat hidup sehat dengan mengonsumsi cukup buah dan sayuran. Banyak buah yang sudah langka seperti kemang itu sudah langka sekali," ujar Yuliva.

AEON Mall BSD City juga mengajak kembali Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA) untuk berpartisipasi dalam acara Farm To Table ini. MAPORINA mengedukasi customer untuk bisa menanam sayur sendiri di rumah dengan konsep urban farming, seperti microgreen dan aquaponic.

Microgreen dikembangkan oleh MAPORINA dengan memanfaatkan satu kotak container kecil yang diisi dengan bibit microgreen yang bebas fungisida, customer bisa mendapatkan sayur segar serta sehat yang dapat diolah menjadi salad.

Sementara itu, aquaponic adalah sistem teknologi pertanian yang memanfaatkan ikan dan tanaman. Ikan akan menjadi sumber natural untuk pertumbuhan tanaman dan sebaliknya tanaman juga akan membantu memurnikan air sebagai media hidup ikan. Sistem aquaponic ini tidak memerlukan lahan yang besar, sehingga dapat dimanfaatkan oleh customer yang ingin berkebun di rumah namun memiliki keterbatasan area tanam.

Selain itu, MAPORINA juga menyediakan berbagai bibit tanaman sayuran. Di antaranya pak choy, slada, kenikir, mint, tomat, cabai, pare, serta bibit tanaman buah seperti rambutan, durian, jambu, jeruk, blueberry, alpukat, pete, lemon, manggis dan matoa pisang cavendish.

(ika/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/lifestyle/28/10/2018/farm-to-table-ajak-hidup-sehat-dengan-belanja-buah-dan-sayur-lokal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "'Farm To Table' Ajak Hidup Sehat dengan Belanja Buah dan Sayur ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.