Search

Jaga Pertumbuhan Ekonomi, BI Fokus Kendalikan Inflasi

PANGKALPINANG - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tengah menyoroti fokus perhatian pemerintah saat ini yaitu pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Babel Tantan Heroika mengatakan, i. Sekaligus bagaimana strategi penguatan ekonomi secara makro dan perbankan di Indonesia.

BERITA TERKAIT +

"Jadi ada dua indikator ekonomi yang menjadi fokus pemerintah yakni pertumbuhan ekonomi dan inflasi," ujar Kepala Bank Indonesia Perwakilan Babel, Tantan Heroika dalam giat silahturahmi dan diskusi perkembangan kondisi ekonomi di ruang Hutan Pelawan Bank Indonesia, Senin, (22/10/2018).

Baca Juga: OJK Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2019 Jadi 5,2%

Dia menjelaskan, kedua faktor tersebut menjadi pusat perhatian pemerintah Indonesia. Pasalnya, inflasi dibentuk pasti ada pasokan yang kurang, tapi tentunya harus dijaga adalah inflasi pada koridor yang sudah disepakati.

"Dengan asumsi-asumsi pertumbuhan ekonomi kita dapat menjaga pada kisaran 3,5%. Jadi kalau ada kenaikan inflasi ya otomatis dari sisi daya beli harus bisa ditingkatkan," tuturnya.

Tantan juga berharap hal yang sama akan berlaku juga di Babel dengan melihat perkembangan inflasi setiap tahunnya, bukan melihat setiap bulannya.

"Kemarin kita mengalami deflasi, tapi secara keseluruhan pada September kemarin inflasi kita itu ada pada angka 1,8% sampai dengan September 2018 itu dalam year to date (perhitungan tahun kalender)," terangnya.

Baca Juga: Gejolak Ekonomi Global, Sri Mulyani Waspadai Pertumbuhan Ekonomi

Sebab lanjutnya pada Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September itu ada inflasi, deflasi, inflasi, deflasi dan itu angkanya 1,8%. Artinya kita ada di bulan bulan terakhir biasanya inflasi akan naik apalagi di Desember, demand (permintaan) tinggi, transportasi tinggi, dan lainnya.

"Kita harapkan kenaikannya itu tetap pada kisaran 1,8% ditambah berapa persen, jadi masuk pada range 2,5%-4,5%. Kita perkirakan masuk pada range tersebut dan tentunya berkolaborasi dengan Bank Indonesia, Satgas Pangan, dan beberapa instansi terkait," pungkas Tantan.

(Feb)

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/10/22/20/1967481/jaga-pertumbuhan-ekonomi-bi-fokus-kendalikan-inflasi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jaga Pertumbuhan Ekonomi, BI Fokus Kendalikan Inflasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.