Search

Selain Bandara Komodo, Proyek Ini Bakal Dilego ke Swasta

JAKARTA - Kementerian Perhubungan, bekerjasama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyelenggarakan market sounding proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), yakni Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo.

Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti, menyatakan bahwa selain Bandara Komodo, Kemenhub juga telah melakukan lima proyek KPBU lainnya.

BERITA TERKAIT +

"Seperti, proving ground (pengujian kelaikan jalan kendaraan bermotor) di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, pengembangan Transit Oriented Development (TOD) Poris Plawad. Pembangunan jalur Kereta Api Makassar-Pare-Pare dan pengembangan Pelabuhan Anggrek serta Pelabuhan Bau-Bau," kata Polana di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

 Baca Juga: Kumpulkan Ratusan Investor, BKPM Tawarkan Proyek Bandara Komodo

Dia menjelaskan, semua proyek KPBU tersebut telah dilakukan studi pendahuluan, dibantu oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

"Untuk proyek KPBU di mana lagi, Kami sedang melakukan studi pendahuluan bekerjasama dengan PT PII, di Tarakan dan Singkawang," jelasnya.

 

Sebelumnya, proyek pengembangan Bandar Udara Komodo melalui skema KPBU dengan kebutuhan total investasi sebesar sekitar Rp3 triliun, yang terdiri dari Rp1,17 triliun biaya capital expenditure (capex) dan Rp1,83 triliun biaya operational expenditure.

Untuk pengembalian investasinya berasal dari tarif layanan pengguna jasa fasilitas bandar udara selama masa konsesi 25 tahun. Proyek ini juga direncanakan akan mendapatkan penjaminan pemerintah (Government Guarantee) melalui PT Penjaminan Infrastruktur lndonesia.

 

(dni)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/25/320/1955385/selain-bandara-komodo-proyek-ini-bakal-dilego-ke-swasta

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selain Bandara Komodo, Proyek Ini Bakal Dilego ke Swasta"

Post a Comment

Powered by Blogger.