Search

BBM Belum Euro 4, Masyarakat Harus Keluarkan Rp38,5 Triliun untuk Berobat

JAKARTA - Masalah polusi udara masih menjadi isu serius yang harus segera diantisipasi oleh pemerintah. Karena, polusi udara yang ada di Indonesia khususnya Jakarta ini, sudah sangat mengkhawatirkan.

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) MR Karliansyah mengatakan, udara yang tidak bagus membuat kesehatan masyarakat itu sendiri terganggu. Berdasarkan data kajian yang dilakukan pada periode. 2011-2012 lalu misalnya, banyak sekali masyarakat yang terkena dampak dari polusi udara itu sendiri.

BERITA TERKAIT +

Karena itu, banyak juga masyarakat yang bolak-balik masuk rumah sakit karena penyakit yang terkait dengan pencemaran udara. Bahkan setiap tahunnya masyarakat mengeluarkan Rp38,5 triliun untuk pengobatan penyakit-penyakit yang terkait dengan dampak pencemaran udara.

"Kami pernah bekerja sama untuk melakukan kajian di Jakarta, hasilnya diperoleh Rp38,5 triliun uang masyarakat itu habis untuk biaya berobat akibat pencemaran udara. Tambah lagi populasi kendaraan makin meningkat faktor impactnya ujung-ujungnya kesehatan masyarakat," ujarnya dalam sebuah diskusi Forum Merdeka Barat, di Kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

 

Oleh karena itu lanjut Karliansyah, perlu ada solusi yang kongkrit yang harus segera dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah dengan pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Euro 4.

Menurut Karliansyah, kandungan sulfur maksimal di euro 2 adalah 500. Sedangkan untuk euro 4, kandungan maksimal sulfurnya adalah 50 saja.

"Oke salah satu rekomendasi kajian saat ini adalah perubahan kebijakan dari bahan bakar euro 2 ke euro 4. Apa bedanya kalau kami dari sisi lingkungan liat euro 2 kandungan sulfurnya 500, karbndioksida, hidrokarbon, dan kawan-kawan yang sebabkan berbagai penyakit, ke euro 4 yang kandungan sulfurnya maksimal 50, ini yang mendasar," jelasnya.

(dni)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/08/09/320/1934191/bbm-belum-euro-4-masyarakat-harus-keluarkan-rp38-5-triliun-untuk-berobat

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BBM Belum Euro 4, Masyarakat Harus Keluarkan Rp38,5 Triliun untuk Berobat"

Post a Comment

Powered by Blogger.