Search

Selain Subsidi Solar, Pemberian Blok Migas Diyakini Bisa Selamatkan Keuangan Pertamina

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah akan terus mendukung PT Pertamina (Persero) menjadi perusahaan kelas di dunia.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar menuturkan pemerintah telah menyiapkan roadmap membesarkan Pertamina, salah satunya yaitu dengan memberikan blok migas terminasi. Ada 12 blok migas terminasi yang telah diberikan secara bertahap terhitung Mei 2018 lalu.

"Termasuk Blok Mahakam, ONWJ, Tengah, Attaka, East Kalimantan, North Sumatera Offshore, Sanga-sanga, Southeast Sumatera, Tuban dan Ogan Komering. Terakhir, Blok Jambi Merang dan Raja-Pendopo yang diserahkan Mei 2018," kata Arcandra melalui keterangan resminya, Jumat (27/7/2018).

Dari pemberian 10 blok di luar Mahakam dan ONWJ perkiraan tambahan pendapatan Pertamina sebesar 24 miliar dolar AS hingga 20 tahun kedepan.

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan menyebutkan cara yang dilakukan untuk menyelamatkan keuangan Pertamina dengan menambahkan subsidi solar sebesar Rp 1.500 per liter dari sebelumnya Rp 500 per liter menjadi Rp 2.000 per liter dari harga jual pasaran sebesar Rp 5.150 per liter.

"Pemerintah pun berencana men‎ambah subsidi solar untuk menutupi defisit tersebut sebesar Rp 1.500 per liter sehinga total subsidi solar menjadi Rp 2.000 per liter," ujar Jonan di DPR, Kamis (19/7/2018) lalu.

Kondisi Keuangan Pertamina juga membuat Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno memberikan izin kepada Pertamina untuk menjual aset.

Izin tersebut berdasarkan surat dari Rini yang ditujukan kepada Direksi Pertamina dikeluarkan pada 29 Juni 2018, dengan nomor surat S-427/MBU/06/2018 mengenai 'Persetujuan Prinsip Aksi Korporasi untuk Mempertahankan Kondisi Kesehatan Keuangan PT Pertamina (Persero)'.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/07/27/selain-subsidi-solar-pemberian-blok-migas-diyakini-bisa-selamatkan-keuangan-pertamina

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selain Subsidi Solar, Pemberian Blok Migas Diyakini Bisa Selamatkan Keuangan Pertamina"

Post a Comment

Powered by Blogger.