Search

Pemerintah Bakal Cabut Kebijakan DMO Batu Bara, Ini Alasannya

JAKARTA - Pemerintah berencana mencabut soal kewajiban memasok batu bara dalam negeri (domestic market obligation/DMO). Wacana tersebut muncul dalam rapat terbatas yang dilakukan pada hari ini di Istana Merdeka.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, wacana pencabutan tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi dalam negeri. Selain itu, jika produksi meningkat maka ekspor juga akan meningkat.

BERITA TERKAIT +

"Jadi itu (Ratas dengan Presiden) membicarakan mendorong produksi dan ekspor batu bara. Dalam rangka itu ada yang untuk mendorong ada ya kalau selama ini kan ada DMO ya kan, nah DMO nya (dihapus) untuk itu nanti," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta Jumat (27/7/2018).

 

Meskipun begitu, Darmin belum bisa menyebutkan apa saja yang akan dihapus. Apakah hanya kebijakan kewajiban pasokan batu bara dalam negerinya saja atau juga bersama dengan harganya juga.

"Nah tapi yang saya tidak tahu apakah termasuk untuk yang lama itu (harga) yang baru yang ini, saya datang sudah yang baru yang dibicarakan. Tapi ya tentu ada juga nanti yang diminta," ucapnya.

Darmin juga enggan menyamakan penghapusan DMO ini akankah sama dengan BLU BPDP Sawit. Namun yang pasti, nantinya akan ada tim khusus yang akan mengurusi hal tersebut dari mulai iurannya dan segala macemnya.

"Saya enggak bisa bilang kayak BPDP sawit atau tidak tapi akan ada lembaga baru untuk itu," ucapnya.

 

Darmin juga mengaku jika pemerintah tidak akan memberikan insentif lagi untuk mendorong produksi batu bara dalam negeri. Justru menurutnya, penghapusan ini bertujuan agar penguasaha bisa mandiri dan berfikir bagaimana meningkatkan produksinya.

"Enggak itu bukan urusan insentif-insentifan, masa insentif lagi. Itu mestinya bagian dari kesadaran bernegara," ucapnya.

Selain berencana menghapuskan kebijakan DMO, Darmin juga menyebut saat ini pemerintah tengah berusaha untuk menarik devisa yang berasal dari ekspor khususnya pada dua komoditi andalan seperti sawit dan batu bara.

"Yang lain yang dibicarakan adalah ada usulan supaya kami dengan BI akan bicara dengan pengusaha-pengusaha batu bara, kelapa sawit, lanjutan di Bogor kemarin untuk mengefektifkan memasukan devisa ekspor mereka. Karena bisa jadi alasan itu kewajiban tempat mereka meminjam sehingga harus buka rekening di sana tapi kan bisa dipasangkan di cabang bank itu di sini," jelasnya.

(dni)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/07/27/320/1928416/pemerintah-bakal-cabut-kebijakan-dmo-batu-bara-ini-alasannya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah Bakal Cabut Kebijakan DMO Batu Bara, Ini Alasannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.