Search

Menperin Jelaskan tentang Industri Digital di Hadapan Mahasiswa

JAKARTA - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengahadiri acara seminar nasional Entrepreneurship Indonesia 4.0 yang diselenggarakan oleh Institute Pertanian Bogor (IPB). Dalam acara seminar itu, diikuti oleh para mahasiswa dan dosen dari Sekolah Bisnis IPB.

Dalam kesempatan itu, Airlangga menyampaikan mengenai arah kebijakan Industri pada pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini. Menurut Airlangga, perkembangan zaman dan teknologi membuat pemerintah akhirnya mendorong seluruh industri untuk menuju ke arah digital atau yang biasa disebut Industri 4.0.

BERITA TERKAIT +

"4 April lalu, Presiden sudah melaunching Industri 4.0," ujarnya dalam acara seminar di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Sabtu (28/7/2018).

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto Kunjungi Stan-Stan Pameran IIS 

Melalui revolusi industri 4.0 ini, perusahaan diyakini akan menjadi lebih efisien dan lebih cepat dalam memproduksi suatu barang. Karena yang semula menggunakan tenaga manusia alias manual, lewat industri 4.0 ini hampir seluruh pekerjaan bisa dilakukan oleh mesin.

Lewat industri 4.0 juga, para pekerja dipaksa untuk berpikir keras untuk melakukan inovasi-inovasi dan meningkatkan skilnya. Sebab jika hal tersebut tidak dilakukan, maka pekerja tersebut akan tergerus oleh teknologi.

"Di Indonesia didorong itu bagaimana human talent itu kunci ini asi 4.0. Jadi teknologi dan SDM, jadi bagaimana managing chance," ucapnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto Kunjungi Stan-Stan Pameran IIS 

Airlangga menambahkan, lewat revolusi industri 4.0, dirinya berharap agar industri manufaktur Indonesia bisa lebih berkembang lagi. Khususnya dalam kontribusinya terhadap perekonomian negara.

Sebab menurutnya, sektor manufaktur menjadi faktor pendorong ekonomi paling besar di era digital seperti saat ini. Salah satu yang sudah merasakan dan mencobanya adalah negara industri seperti Jerman.

"Industri 4.0 ada beberapa hal yang akan kami sharing, pada waktu itu ini didorong di Jerman, Jerman ingin mengembalikan sektor manufaktur karena kekuatan ekonomi apabila negara ingin maju, negara barat itu," jelasnya.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/07/28/320/1928620/menperin-jelaskan-tentang-industri-digital-di-hadapan-mahasiswa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menperin Jelaskan tentang Industri Digital di Hadapan Mahasiswa"

Post a Comment

Powered by Blogger.