Search

Januari 2020, Kartu Sembako Murah Jokowi Siap Meluncur - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Program Kartu Sembako Murah akan diluncurkan awal Januari 2020. Hal itu berdasarkan hasil rapat koordinasi tingkat menteri Persiapan Program Kartu Sembako 2020 di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan program kartu sembako murah merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo untuk intervensi bantuan kepada masyarakat bawah.

"Berdasarkan hasil rapat, Insya Allah Kemenko PMK akan melakukan arahan sesuai dengan jadwal yang sudah kita tetapkan sehingga awal Januari kita mulai deliver, menyalurkan berbagai macam-macam program bantuan dan jaminan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Muhadjir.


Harapannya, program sembako murah dapat berdampak untuk mengurangi angka kemiskinan. Jumlah penduduk miskin 9,4% ditargetkan turun menjadi 9%.

Sementara itu, Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan, program sembako murah ditujukan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat bawah.

Ada tambahan pangan di dalamnya, yaitu ikan, ayam dan kacang-kacangan. Selama ini, keluarga penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hanya tercukupi untuk membeli beras dan telur.

"Bulan Januari Kementerian Sosial siap untuk menurunkan PKH (Program Keluarga Harapan) yang mungkin nilainya Rp7 Triliun dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) sekitar Rp2 Triliun," katanya.

Meski kartu sembako murah adalah program baru, kartu yang dipakai nantinya adalah kartu BPNT yang ada saat ini. Tidak ada kartu baru.

Julian mengatakan akan menerbitkan Peraturan Menteri Sosial untuk mengakomodir pelaksanaan teknisnya, termasuk untuk tambahan pangan di dalamnya. (hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnbcindonesia.com/news/20191217150544-4-123777/januari-2020-kartu-sembako-murah-jokowi-siap-meluncur

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Januari 2020, Kartu Sembako Murah Jokowi Siap Meluncur - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.