Search

Daerah Susah Sinyal Kini Bisa Terjangkau Layanan Internet

Liputan6.com, Jakarta PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan telekomunikasi berbasis satelit swasta terus berupaya menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Dengan menggunakan kekuatan satelit yang baru diluncurkan pada awal tahun ini, Nusantara Satu, perusahaan memperkuat layanan Ubiqu.

Internet satelit Ubiqu kini dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia yang selama ini susah sinyal atau tidak terlayani jaringan internet yang ada. Misalkan di pulau terluar, gunung, hutan, dan tempat lainnya.

Direktur Niaga PSN, Agus Budi Tjahjono mengatakan, Ubiquakan dipancarkan langsung dari langit melalui teknologi satelit. Harapannya, seluruh masyarakat terutama di daerah pelosok sudah dapat menikmati internet satelit, di manapun mereka berada di Indonesia.

"Ubiqu telah diluncurkan sejak dua tahun lalu. Namun dengan menggunakan Nusantara Satu yang merupakan satelit berkapasitas tinggi dengan teknologi terbaru yakni High Throughput Satellite (HTS), membuat internet satelit yang kami tawarkan ke masyarakat menjadi solusi yang paling terjangkau," ujar Agus dikutip keterangannya, Minggu (3/11/2019).

Agus menjelaskan secara rinci mengenai Internet dari Langit yang menjadi semangat Ubiqu. Selama masih menghadap langit dan tidak terhalang dengan benda lain seperti pohon, rumah, dan sebagainya, internet satelit Ubiqu dapat langsung menyala dan memancarkan internet.

Sejak 2017, Ubiqu telah menggelar ribuan titik di seluruh Indonesia dengan menjadi solusi koneksi internet untuk di instansi pemerintahan, swasta/perusahaan, sekolah, pedesaan (kantor desa), Usaha Kecil Menengah (UKM), puskesmas, dan berbagai sektor pelayanan masyarakat lainnya.

"Mungkin bagi masyarakat di perkotaan yang sudah sangat terfasilitasi, sambungan internet bukan lagi permasalahan besar. Namun bagi masyarakat Indonesia di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), internet satelit menjadi solusi dan berdampak positif untuk mereka. PSN melalui Ubiqu menjadi bagian untuk mengurangi digital gap di seluruh wilayah di Indonesia," jelasnya.

General Manager Marketing PSN Meidiyanto Andwiputro, menjelaskan, dengan menggunakan satelit terbaru PSN yakni Nusantara Satu, Ubiqu kini memiliki layanan terbaru, yakni Ubiqu Xtra: Xtra Kuota, Xtra Cepat, Xtra Hemat.

Dengan demikian, seluruh layanan Ubiqu akan memiliki kuota internet lebih besar, lebih cepat, sedangkan dari sisi harga berlangganan tetap sama sehingga pelanggan akan lebih hemat. 

Reporter: Siti Nur Azzura

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Perusahaan Asal Singapura Perkuat Layanan Internet di Indonesia

Perusahaan asal Singapura, Kacific Broadband Satellites Group (Kacific) secara resmi menunjuk PT Petro One Indonesia (Petro1) sebagai mitra penyediaan layanan ground infrastructure di Indonesia untuk satelit terbarunya. Satelit tersebut dibangun oleh Boeing serta akan diluncurkan pada akhir 2019.

Petro1 akan mengoperasikan dan menyediakan layanan first level untuk gateway Kacific dari fasilitas milik Petro1 di Surabaya dan Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia.

CEO Kacific, Christian Patouraux mengatakan, pada 2017 lalu penetrasi internet di Indonesia tercatat mencapai 55 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 145 juta jiwa.

Saat ini layanan satelit Kacific1 meliputi pulau-pulau terpencil/terluar dan membantu menghubungkan kurang lebih 119 juta penduduk Indonesia yang saat ini belum terhubung dengan internet.

Dengan antena berukuran 9 meter dan peralatan teknologi canggih lainnya, Petro1 akan mendistribusikan data-data ke satelit dan sebaliknya.

Tambahan diversity site yang berjarak lebih dari 60 km dari Main Hub, Kacific memastikan ketersediaan layanan dan redudansi kapasitas yang lebih baik, terutama setelah Petro1 menjamin ketersediaan data center yang aman dan canggih tersambung ke fiber optik.

Sinyal satelit Kacific berkekuatan tinggi untuk mencakup seluruh wilayah kepulauan Indonesia dan sekitarnya. Kacific menyiapkan jaringan pita lebar  berkecepatan tinggi dengan biaya terjangkau untuk melayani berbagai perusahaan telekomunikasi, penyedia layanan jasa internet (ISP), serta pemerintahan. Kontrak dengan mitra lokal di Indonesia itu merupakan wujud investasi infrastruktur yang dilakukan oleh Kacific.

“Kacific memilih untuk menempatkan ground infrastructure di Indonesia, karena Indonesia merupakan pasar yang penting bagi kami,” kata ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Menurut Christian, pita lebar berkecepatan tinggi itu sangat mendukung program konektivitas Pemerintah, terutama untuk memperkuat jaringan infrastruktur broadband di seluruh Nusantara.

“Petro1 diperkuat oleh tim teknisnya yang sangat terlatih dan memiliki akses ke banyak fasilitas terbaik. Mereka akan memastikan kinerja yang optimal dari satelit Kacific di Indonesia,” lanjut Christian.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4102034/daerah-susah-sinyal-kini-bisa-terjangkau-layanan-internet

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daerah Susah Sinyal Kini Bisa Terjangkau Layanan Internet"

Post a Comment

Powered by Blogger.