Search

Sukses menguat pekan ini, begini prediksi rupiah pekan depan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sukses kembali menguat pada perdagangan akhir pekan, membuat pergerakan rupiah sepekan terakhir cenderung menguat. Hal ini kemungkinan akan berlanjut di pekan depan, di mana dominasi sentimen global berpotensi membuat dollar AS cenderung tertekan. 

Rupiah ditutup menguat ke level Rp 14.138 per dolar AS, menguat 0,24% dari sehari sebelumnya yang ada di Rp 14.172 per dolar AS. Dalam sepekan, rupiah menguat 0,25% dari level Rp 14.173 per dolar AS pada Jumat (27/9).

Sedangkan pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) rupiah ada di level Rp 14.135 per dolar AS, menguat 0,41% dari sehari sebelumnya. Selama sepekan, rupiah di kurs tengah BI menguat 0,44%.

Baca Juga: Rupiah menguat 0,25% ke Rp 14.137 per dolar AS

Ekonom Samuel Aset Management Lana Soelistianingsih mengatakan, penguatan rupiah dalam tiga hari terakhir sukses menjadikan rupiah menguat dibandingkan awal pekan. Faktor utamanya, karena dolar AS yang cenderung melemah hampir terhadap kebanyakan mata uang dunia, diikuti penguatan kurs regional.

"Sentimen sepekan ini lebih didominasi eksternal, sedangkan dari domestik seperti catatan deflasi tidak berpengaruh terlalu besar," ungkap Lana kepada Kontan.co.id, Jumat (4/10). 

Untuk pekan depan, Lana memperkirakan tren penguatan rupiah masih akan berlanjut meskipun tipis di kisaran Rp 14.100 per dolar AS, hingga Rp 14.200 per dolar AS. 
Menurutnya, rupiah yang menguat terlalu signifikan juga tidak baik bagi kegiatan ekspor dan impor Tanah Air. 

Sentimen yang bakal mempengaruhi pergerakan rupiah pekan depan, masih seputar potensi pemangkasan suku bunga acuan The Federal Reserve (The Fed). 

Selain itu, data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang cenderung buruk seperti data jobles claim yang naik, data manufaktur atau PMI yang berada di bawah 50 poin, serta indikasi adanya pelambatan ekonomi AS berpotensi kembali menekan dolar AS di pekan depan. 

Baca Juga: Rupiah menguat ke Rp 14.144 per dolar AS pada Jumat pagi

"Sedangkan untuk sentimen dari dalam negeri untuk pekan depan belum terlalu banyak. Kecuali, jika ada pengumuman daftar kabinet baru yang bisa berdampak positif dan juga negatif jika tidak sesuai harapan pelaku pasar," tandasnya. 


Reporter: Intan Nirmala Sari
Editor: Herlina Kartika

Reporter: Intan Nirmala Sari
Editor: Herlina Kartika

Let's block ads! (Why?)

http://investasi.kontan.co.id/news/sukses-menguat-pekan-ini-begini-prediksi-rupiah-pekan-depan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sukses menguat pekan ini, begini prediksi rupiah pekan depan"

Post a Comment

Powered by Blogger.