Search

Kalah dari Wuling Confero, Permintaan Daihatsu Xenia Tetap Tinggi - Detikcom

Jakarta - Penjualan Daihatsu Xenia beberapa bulan belakangan ini mulai disalip kompetitor asal China, Wuling Confero. Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di bulan Juli Xenia mencatat wholesales (distribusi pabrik ke diler) sebanyak 676 unit dan pada Agustus hanya 462 unit. Angka itu kalah dari Confero yang mencatat 728 unit di Juli dan 638 unit di Agustus.

Dikatakan Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra, produksi Xenia untuk pasar domestik Indonesia memang sedang dikesampingkan. ADM memilih menggenjot produksi untuk pasar ekspor dengan label Toyota Avanza.

"Lebih banyak buat ekspor, karena demand ekspor lebih tinggi (daripada domestik)," kata Amel di Jakarta, belum lama ini.

Untuk diketahui, Toyota Avanza yang diproduksi oleh pabrik ADM memang cukup diminati di luar negeri. Mobil berjenis low MPV ini sudah diekspor ke Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan sejumlah negara di Afrika dan Amerika Latin.

Meski akhirnya produksi merek Xenia di dalam negeri tidak bisa maksimal, ADM mengatakan demand Xenia tetap tinggi.

"Tidak (turun). Sama saja, tapi memang akibatnya kita tidak bisa jual Xenia banyak (di Indonesia). Dan teman (wartawan-Red) pada nulis merek China ini lebih (ungguli Xenia-Red), ya sudah emang realitanya kita nggak bisa suplai," terang Amel.

Amel juga mengatakan produksi Xenia dalam negeri diupayakan terus bertambah kapasitasnya.

"Kemarin (September) sudah mulai lumayan ya suplainya. Kapasitas produksi Xenia bisa lebih dari 1.500 unit. Memang di Agustus itu jelek banget, cuma 1.000 lebih dikit," pungkas Amel.

Sedikit catatan, meski Xenia kalah penjualan wholesales dari Wuling Confero dalam beberapa bulan terakhir, namun secara periode Januari-Agustus penjualan Daihatsu Xenia masih lebih tinggi dari Wuling Confero. Menurut data Gaikindo, sepanjang Januari-Agustus 2019 Daihatsu Xenia sukses terdistribusi sebanyak 14.431 unit dan mengisi posisi nomor empat sebagai low MPV terlaris. Sementara Wuling Confero menguntit di posisi ketujuh dengan raihan wholesales 4.394 unit.

Simak Video "Melihat Tampang Anyar Daihatsu Sigra"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

Let's block ads! (Why?)

https://oto.detik.com/mobil/d-4737944/kalah-dari-wuling-confero-permintaan-daihatsu-xenia-tetap-tinggi

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kalah dari Wuling Confero, Permintaan Daihatsu Xenia Tetap Tinggi - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.