Search

Jelang Natal dan Tahun Baru, Antisipasi Lonjakan Harga Sembako - 2019 - SURABAYAINSIDE.COM

Oleh: Rizki Daniarto

Surabayainside.com, Gresik – Harga sejumlah kebutuhan pokok meningkat menjelang akhir tahun di Kabupaten Gresik. Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan perdagangan (Diskoperindag) melakukan sejumlah upaya untuk mencegah terjadinya lonjakan harga menjelang Natal dan tahun baru.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Gresik Agus Budiono menyebutkan, harga beras biasa Rp 9.857 per kilogram. Sedangkan dan beras Bulog naik Rp 6.214 per kilogram.

“Sedangkan beras premium naik dari pekan kemarin dengan harga Rp 12.643 menjadi Rp 12.714 per kilogram,” jelas Agus.

Sementara harga telur broiler naik dari Rp 19.286 menjadi Rp 19.429 per kilogram. Harga gula pasir tetap stabil Rp 11.929. Begitu pun minyak goreng curah tetap stabil Rp 10.714 per kilogram. Sedangkan harga minyak goreng kemasan Rp 12.143 per kilogram turun menjadi Rp 12.071 per kilogram.

“Begitu juga dengan harga daging sapi, tetap stabil Rp 99.286 sementara harga daging ayam naik dari Rp 33.286 per kilogram menjadi Rp 33.429,” tambah Agus, Sabtu (26/10)

Agus melanjutkan, sebagian kebutuhan pokok di Gresik masih stabil karena stok masih cukup dan permintaan tidak begitu banyak. Diharapkan tetap stabil sampai akhir tahun.  “Semoga harga sembako tetap stabil sampai akhir tahun,” lanjutnya.

Guna menjaga harga kebutuhan pokok tetap stabil sampai akhir tahun, Diskoperindag akan memantau stok logistik di pergudangan. Selain itu,  melakukan koordinasi dengan instansi lain dalam mengantisipasi kenaikan harga sembako pada Natal dan Tahun Baru.

“Satgas pangan akan kami ajak koordinasi dalam pengawasan sembako, sehingga tidak ada permainan harga menjelang Natal dan Tahun Baru pada kebutuhan pokok yang cenderung melonjak,” tukasnya.

Purwanto, salah satu pedagang sembako mengaku harga untuk saat ini dirasa masih stabil. Namun, ia memperkirakan harga akan naik menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Yang dulu-dulu biasanya naik. Bisa jadi besok (Natal dan Tahun Baru) akan ada kenaikan,” jelasnya.(Riz)

Let's block ads! (Why?)

https://surabayainside.com/jelang-natal-dan-tahun-baru-antisipasi-lonjakan-harga-sembako/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jelang Natal dan Tahun Baru, Antisipasi Lonjakan Harga Sembako - 2019 - SURABAYAINSIDE.COM"

Post a Comment

Powered by Blogger.