Search

Akhirnya! Jokowi Tambah Kuota Rumah Subsidi Rp 2 Triliun - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Anggaran penyaluran kredit perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( FLPP) akhirnya ditambah.

FLPP merupakan skema subsidi pembiayaan dengan menempatkan dana murah di perbankan oleh pemerintah sehingga bunga KPR yang diterima sangat rendah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan penambahan ini sudah mendapat restu Presiden Jokowi Widodo (Jokowi).


"[Ditetapkan melalui] PMK itu. Menteri Keuangan sudah kirim ke Presiden, sudah ke Setneg, mudah-mudahan sudah turun. Harusnya sudah, kalau enggak sudah ribut terus kan," kata Basuki ketika ditemui di kantornya, Jumat (4/10/2019).

Anggaran tambahan mencapai Rp 2 triliun yang bisa dimanfaatkan hingga akhir tahun 2019 ini untuk 20.000 unit rumah. Uang tersebut berasal dari dana talangan.

"Kita sudah kumpulkan REI, Apersi, Himpera, sepakat kemudian ketemu Menteri Keuangan. Supaya lebih cepat itu, karena waktu itu ada BTN. Sama BTN bisa menalangi, menalangi dulu, nanti akan dibayar pada 2020," imbuhnya.

Dengan adanya talangan tersebut, pemerintah tidak perlu mengajukan perubahan anggaran ke DPR RI. Artinya, kebutuhan ini tidak perlu dimasukkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2019.

Basuki bilang bahwa BTN menyanggupi talangan tersebut. Nantinya, bank lain yang juga bertindak sebagai pelaksana FLPP akan dikoordinasikan untuk juga mendapat dana talangan ini.

"Dia bayari dulu. Nanti pembayarannya ada cost of money ya, itu urusannya BTN dengan (Kementerian) Keuangan," tegasnya.

Tambahan dana Rp 2 triliun ini bisa dimanfaatkan untuk membangun 20-30 ribu unit rumah. Diharapkan dengan tambahan ini mampu menambal kebutuhan yang selama ini dikeluhkan para pengembang.

Alokasi FLPP 2019 hanya Rp 7,1 triliun untuk membangun 168 ribu unit. Namun anggaran itu hanya bisa membiayai pembiayaan 155 unit rumah subsidi dengan skema FLPP. (hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnbcindonesia.com/news/20191004145806-4-104499/akhirnya-jokowi-tambah-kuota-rumah-subsidi-rp-2-triliun

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akhirnya! Jokowi Tambah Kuota Rumah Subsidi Rp 2 Triliun - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.