Search

Pencari Sumbangan 'Fakir Miskin dan Anak Yatim' Jaringan Mak Dah Diamankan Petugas - Serambi Indonesia

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Petugas Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banda Aceh, mengamankan tiga pencari sumbangan yang mengatasnamakan untuk fakir miskin dan anak yatim di Simpang BPKP Banda Aceh, Selasa (23/4/2019) siang.

Belakangan diketahui tiga pencari sumbangan, yakni Sofyan yang membawahi dua anggotanya di Simpang BPKP itu berada di bawah kendali Mak Dah, wanita yang tinggal di sebuah gampong di Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

Baca: Kriminolog UUM: Lebih 2.000 Orang Pengguna Narkoba Menanti Hukum Gantung di Malaysia

"Pengakuan Sofyan Cs mereka bekerja untuk Mak Dah. Artinya begini, setelah Mak Dah mempersiapkan segala sesuatu, mulai kotak sumbangan dan menuliskan mohon bantuan untuk fakir miskin dan anak yatim, selanjutnya kotak itu diserahkan ke tiga pencari sumbangan," kata Kepala Dinas Sosial Banda Aceh, Drs Muzakir kepada Serambinews.com, Selasa (23/4/2019).

Menurut Muzakir, hasil seluruh sumbangan yang diperoleh oleh ketiga pengemis itu, Mak Dah akan mendapat bagian Rp 30 ribu per orang per hari.

Baca: Perolehan Suara Sementara DPD di Lhokseumawe, H Uma tak Tersaingi, Anwar Ahmad Masuk 10 Besar

"Sebelumnya para pencari sumbangan di persimpangan lampu lalu lintas di Simpang BPKP ini mencatut nama dayah. Tapi, aksi mereka ketahuan dan menggangap bisa membahayakan dirinya bisa diproses hukum, sehingga sekarang mereka 'ganti kulit'," timpal Kabid Rehabilitasi Sosial, TM Syukri SSos MAP.

Baca: BREAKING NEWS: Sembilan Rumah di Tanjung Putus Gampong Jawa, Langsa Terbakar

Menurutnya Sofyan Cs yang dijaring dalam penertiban tadi siang, kini dibina dan diamankan di rumah singgah Dinsos Banda Aceh, Gampong Lamjabat, Kecamatan Meuraxa. "Kita akan cari Mak Dah dan akan kita konfrontasi dengan ketiga pencari sumbangan yang 'disponsori' oleh perempuan itu," jelas Syukri.

Sebelumnya kata dia, petugas Dinsos Kota Banda Aceh juga menjaring Samsul Bahri (42) pria asal Grong-Grong, Kabupaten Pidie yang mencari dana atas nama dayah.

Seperti halnya Sofyan Cs, Samsul Bahri yang diamankan petugas pada 1 Maret 2019 lalu, juga 'mendapat perintah' dari Mak Dah untuk mencari dana, setelah kotak sumbangan dan tulisan di kotak dipersiapkan oleh perempuan yang telah berumur tersebut.

Baca: Dipicu Cuaca Panas, Dua Hektare Lahan Rumbia di Teubang Phui Montasik Terbakar

"Kami minta perhatian dari semua pihak, pengguna jalan serta masyarakat untuk tidak memberikan sumbangan kepada para pengemis. Soalnya kondisi tersebut akan membuat mereka malas, sebab sudah enak mencari uang dengan cara-cara mengemis," pungkas TM Syukri. (*)

Let's block ads! (Why?)

http://aceh.tribunnews.com/2019/04/23/pencari-sumbangan-fakir-miskin-dan-anak-yatim-jaringan-mak-dah-diamankan-petugas

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pencari Sumbangan 'Fakir Miskin dan Anak Yatim' Jaringan Mak Dah Diamankan Petugas - Serambi Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.