Search

Palapa Ring Bantu UMKM Masuk Ekosistem Digital

Liputan6.com, Jakarta - Upaya pemerintah dalam memperluas jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia diharapkan bisa dimanfaatkan secara baik oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk ke masuk ekosistem digital. Dengan demikian, bisa mendorong kesejahteraan masyarakat khususnya UMKM di wilayah pedesaan.‎

Anggota Komisi I DPR RI, Ali Umri mengatakan, dirinya mengapresiasi upaya pemerintah dalam meningkatkan layanan internet bagi masyarakat, terutama di wilayah terpencil.

Salah satunya dilakukan oleh Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), yang telah melaksanakan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informatika, sehingga masyarakat luas dapat menikmati akses internet.

Ali menyatakan, pembangunan fiber optik dan kabel bawah laut proyek Palapa Ring sudah selesai di tahun ini dan mulai beroperasi akan membuat seluruh wilayah Indonesia terkoneksi dengan jaringan internet. Sehingga jaringan internet dapat menjangkau ke seluruh pelosok desa.

"Ketersediaan jaringan internet yang sudah dilakukan pemerintah ini harus diapresiasi. Gunakan internet untuk kegiatan produktif bagi peningkatan kesejahteraan melalui kemudahan dalam bertransaksi di internet,” ujar dia di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Menurut dia, selain adanya jaringan internet, tersedianya platform e-commerce dari unicorn seperti Bukalapak, Tokopedia, Go-jek, Traveloka, maka akan mendorong kegiatan masyarakat lebih produktif, khususnya bagi pelaku UMKM.

“Saya berharap melalui penggunaan internet yang kreatif dan produktif masyarakat dapat mendapatkan manfaat dari kegiatan usahanya. Gaya hidup bertransaksi ini memberikan peluang bagi pelaku UMKM untuk menawarkan produk dan jasanya yang bisa diakses oleh masyarakat," kata dia.

Selain itu, dengan memanfaatan internet secara cerdas dan kreatif, maka penggunaan internet untuk kegiatan yang negatif bisa dieliminir menjadi kegiatan yang kreatif dan produktif untuk kegiatan berusaha.

“Efek penggunaan internet secara negatif misalnya dalam mengedarkan kabar bohong atau hoax, dapat dihilangkan menjadi kegiatan yang produktif dan menguntungkan,” tandas dia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3917788/palapa-ring-bantu-umkm-masuk-ekosistem-digital

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Palapa Ring Bantu UMKM Masuk Ekosistem Digital"

Post a Comment

Powered by Blogger.