Search

Diresmikan Jokowi, Cek 8 Fakta Menarik MRT Jakarta

Fasilitas dihadirkan di stasiun MRT adalah fasilitas nomor wahid. Desainnya bak stasiun-stasiun di Singapura. Untuk membeli tiket, penumpang harus menggunakan mesin tiket elektronik. Di dalam stasiun juga zdisediakan beberapa area duduk.

Area komersil juga ada, khusus di tengah stasiun berisi minimarket, restoran cepat saji, coffee shop, hingga ATM. Fasilitas umum yang disediakan meliputi loket, vending machine, toilet, ruang menyusui, hingga lift prioritas bagi penyandang disabilitas.

Wifi gratis juga ada di transportasi massal ini. Dirut MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan, adanya wifi ini guna memastikan para penumpangnya bisa tetap terhubung dengan internet saat berada di bawah tanah. Sebab, sebagian jalur MRT memang berada di bawah tanah.‎‎

"Jangan ragu, kalau anda berada di bawah tanah pasti wifi tetap on. Kita punya fasilitas itu. Jadi internet masih bisa dilakukan. Free. Kita memberikan fasilitas wifi," ujar dia.

8. Harga Tiket

Meski diresmikan hari ini, hingga kini belum jelas berapa tarif yang akan dibayarkan penumpang. Kabar terakhir, tarif MRT belum akan diketahui sampai peresmian oleh Presiden. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku baru akan mengumumkan tarif MRT Jakarta pada Senin 25 Maret 2019 atau sehari setelah diresmikan.

"Senin akan ada Rapimgab. Insyaallah pada saat itu ditetapkan (tarif)," kata Anies di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jumat (22/3/2019).

Anies mengatakan, besaran tarif akan disesuaikan dengan jarak tempuh pengguna. Penumpang dikenakan Rp 1.000 per-kilometer. Angka itu nanti menjadi tabel harga.

"Dari Stasiun Lebak Bulus kemudian sampai Stasiun Blok M itu berapa. Dari Stasiun Senayan sampai Bundaran HI berapa. Harganya nanti antarstasiun. Kalau dirata-rata total itu Rp 10.000," ucap dia.

Ia menjelaskan, Moda Raya Terpadu (MRT) sampai dengan 31 Maret 2019 masih beroperasi secara nonkomersial. Itu artinya warga bisa menaiki secara cuma-cuma.

"Ini bukan fase uji coba. Uji cobanya sudah selesai bulan lalu. Ini adalah fase operasi nonkomersial.

Setelah itu berakhir, pengguna akan dikenakan tarif. Anies mengatakan, dalam pelaksaannya nanti hampir mirip dengan Transjakarta.

"Masyarakat nanti menerima kartu seperti juga kalau naik bus TJ. Dan kartu itu Jak Lingko, nanti akan didebet dikurangi. Jadi cara pelaksanaannya seperti itu," terang Anies.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3924539/diresmikan-jokowi-cek-8-fakta-menarik-mrt-jakarta

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diresmikan Jokowi, Cek 8 Fakta Menarik MRT Jakarta"

Post a Comment

Powered by Blogger.