Search

Daftar Sayur dan Buah yang Banyak Mengandung Pestisida - Detikcom

Jakarta - Sayur dan buah jadi salah satu makanan sehat. Namun tak semua sayur dan buah bebas pestisida. Anda perlu hati-hati saat mengolah sayur dan buah ini.

Mungkin Anda akan khawatir kalau sayur dan buah yang dikonsumsi mengandung pestisida. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya lebih teliti dalam memilih sayur dan buah. Caranya dengan memperhatikan apakah daun pada sayuran terdapat lubang bekas digigit ulat atau tidak. Jika ada beberapa lubang, berarti sayur tersebut aman untuk dikonsumsi.

Daftar Sayur dan Buah yang Banyak Mengandung PestisidaFoto: Istimewa

Seperti yang dilansir oleh Shared (22/03/2019), bahwa setiap tahun, kelompok aktivis Environmental Working Group (EWG) mencantumkan 12 buah dan sayuran yang mereka sebut sebagai "The Dirty Dozen," yang telah memproduksi dengan jumlah pestisida tertinggi dan berdasarkan data dari Departemen Pertanian Amerika.
Baca Juga: Pestisida Pada Buah dan Sayur Bisa Bahayakan Janin

Pestisida melindungi tanaman dari serangga, tetapi mereka juga menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan pada manusia.

Daftar tahun ini adalah menjadi berita buruk bagi yang sering makan makanan sehat dan bersih. Karena sayuran sehat seperti kangkung, bayam, dan seledri semuanya termasuk yang terburuk untuk resiko pestisida.

Bahkan kale ternyata yang paling buruk dalam penelitian tahun ini, karena 92% dari sampel yang diuji memiliki dua bahkan lebih pestisida, meskipun telah dicuci.

Di sisi lain, EWG mendaftarkan "Clean Fifteen" yaitu produk tahun ini yang menghasilkan residu paling sedikit. Ini berita yang menggembirakan bagi orang-orang yang gemar dengan alpukat, nanas, dan kembang kol.

Daftar Sayur dan Buah yang Banyak Mengandung PestisidaFoto: iStock

Jika Anda khawatir terhadap pestisida, karena takut ada pada makanan EWG merekomendasikan untuk belanja pada produk organik. Tetapi jika Anda tidak mampu membeli produk organik, mereka mengatakan Anda tidak perlu khawatir tentang pestisida yang ada pada buah dan sayuran Anda.

"Manfaat kesehatan dari diet Anda yang kaya dengan buah-buahan dan sayuran akan lebih besar daripada risiko pestisida," kata peneliti EWG Carla Burns dalam siaran pers tentang daftar tahun ini.

Sayuran organik juga tidak selalu bebas dari pestisida. Bahkan biasanya mereka juga tidak disemprot dengan pestisida sintetis.

Cara mudah untuk membersihkan dari pestisida adalah dengan mencuci buah dan sayuran di bawah air keran dingin, maka dapat membantu menghilangkan residu pestisida.

Berikut daftar lengkap "Dirty Dozen" alias buah dan sayur yang mengandung pestisida menurut Shared:

1. Strawberry

2. Bayam
3. Apel
4. Anggur
5. Ceri
6. Buah pir
7. Tomat
8. Seledri
9. Kentang

Sehingga kalau menikmati sayur dan buah ini sebaiknya dicuci bersih. Apel dapat dikonsumsi tanpa kulit untuk mencegah paparan pestisida.

Baca Juga: Mau Makan Sayuran Segar? Ikuti Trik Ahli Gizi Ini Untuk Kurangi Bahaya Pestisida pada Sayuran (lus/lus)

Let's block ads! (Why?)

https://food.detik.com/info-sehat/d-4484229/daftar-sayur-dan-buah-yang-banyak-mengandung-pestisida

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daftar Sayur dan Buah yang Banyak Mengandung Pestisida - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.