Search

Tak Sanggup Pasang Sambungan Listrik, Warga Miskin Pilih Beli Beras - Detikcom

Bogor - PT PLN (Persero) bersama puluhan BUMN memutuskan untuk patungan membiayai pemasangan listrik bagi masyarkat kurang mampu di seluruh Indonesia.

Dalam program 'BUMN Hadir Untuk Negeri Sambung Listrik Gratis Bagi Keluarga Tidak Mampu', masyarakat yang disasar baru yang berlokasi di sekitar Jawa Barat bagian Selatan.

Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), terdapat 235.756 masyarakat tidak mampu di Jawa Barat belum tersambung atau menikmati listrik PLN secara langsung.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan masih banyaknya masyarakat yang belum miliki sistem kelistrikan karena lebih memilih beli kebutuhan pokok seperti beras.

"Karena ongkosnya mahal, Rp 900 ribu sampai Rp 1 juta, orang miskin ini bayar Rp 30-Rp 40 ribu bisa, kalau bayar Rp 1 juta mending beli buat beras," kata Sofyan Basir di Bantarjati, Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/12/2018).

Sofyan menceritakan, biaya pemasangan meteran listrik memang cukup tinggi karena sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Dianggap mahal juga karena masyarkat harus menyiapkan perintilan lainnya seperti colokan, kabel, dan lainnya.

Dengan begitu, Mantan Dirut BRI ini memberikan fasilitas kelistrikan secara gratis melalui program sinergi BUMN. Di mana masyarakat tinggal mendapatkan pemasangan meteran dengan kapasitas 450 VA secara gratis.

Dia merinci biaya pemasangan meteran yang mencapai Rp 1 juta ini pun dibayar secara gotong royong oleh BUMN dengan rincian instalasi Rp 227.500, biaya penyambungan Rp 210.500, materai dua lembar Rp 12.000, standar layak operasi (SLO) Rp 40.000, token perdana Rp 10.000, sehingga totalnya Rp 500.000. Sedangkan sisanya seperti biaya administrasi dan jasa pemasangan digratiskan oleh PLN.

Sehingga, kebiasaan nyantol listrik ke rumah tetangga sudah bisa dihentikan dan menjadi lebih mandiri dengan biaya yang lebih murah.

"Kalau dia nyantol, satu bulan bayar Rp 50 ribu untuk pasang 2-3 lampu, kalau dia ke PLN pakai 2-3 lampu bayar cuma Rp 20 ribu, makanya kita bekerjasama dengan BUMN, PLN diuntungkan karena nambah listrik," ujar dia. (hek/dna)

Let's block ads! (Why?)

https://finance.detik.com/energi/d-4327514/tak-sanggup-pasang-sambungan-listrik-warga-miskin-pilih-beli-beras

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Sanggup Pasang Sambungan Listrik, Warga Miskin Pilih Beli Beras - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.