:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2519486/original/068606900_1544427563-Bukalapak_Harbolnas.jpg)
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) melalui anak usaha Alfatrex mengembangkan sayap bisnisnya dengan menggandeng perusahaan e-commerce Bukalapak dalam proses pengiriman barang.
Kerja sama ini memungkinkan pembeli untuk mengambil barang hasil transaksi di gerai Alfamart terdekat. Business Head Alfatrex, Amelia Angelica menjelaskan, kerja sama antara pihaknya dengan Bukalapak sendiri telah terjalin sejak sekitar 3 bulan.
"Kerja samanya sudah mulai 3 bulan berjalan. Kini, sudah ada seribu lebih pelapak yang menjalin ikatan dengan Alfatrex," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Menara Satrio, Jakarta, Minggu (18/11/2018).
Bentuk kerja sama ini, ia mengatakan, coba berupaya mengatasi kendala pengiriman barang dari penjual ke konsumen yang acapkali tersendat akibat waktu yang tidak tepat. Seperti contoh, pengiriman barang yang gagal lantaran rumah konsumen pada waktu bersamaan sedang ditinggal penghuninya.
"Artinya, kita punya network di mana customer bisa datang ke salah satu toko (Alfamart), setelah itu nanti kita yang akan memproses dan mengirimkannya ke tangan consumer. Kita menawarkan buat konsumen mereka tidak hanya mengirimkan langsung ke tangan konsumen, tapi mereka juga bisa ngambil di salah satu toko," ujar dia.
Tak hanya itu, dia melanjutkan, perjanjian ini juga hendak memanfaatkan fungsi gerai milik Alfa Group seperti Alfamart dan Alfamidi sebagai tempat perbelanjaan.
"Jadi si customer itu bisa datang ke Alfamart bukan cuman buat naruh barang, dia juga bisa sekalian berbelanja. Jadi banyak keuntungan-keuntungannya. Jadi kita berpikirnya membuat one stop shopping, di mana customer bisa melakukan banyak hal di toko Alfamart," tambah dia.
Namun begitu, ia menyatakan, barang hasil transaksi itu hanya bisa tersimpan di salah satu gerai milik Alfamart dalam jangka waktu maksimal 3 hari saja.
"Jadi kalau melakukan pengiriman barang lewat Alfamart, customer harus bikin kode booking di website kita. Dia kalau tidak mau mengirimkan barangnya itu hari ini juga bisa, karena kode booking itu masih berlaku sampai 2 hari ke depan," ungkap dia.
Amelia memaparkan, Alfatrex kini telah memberikan pelayanan di beberapa kota dan kawasan, yakni di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Semarang. "Coming soon kita ada di Yogyakarta dan Medan," pungkasnya.
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3803546/gelar-pesta-diskon-harbolnas-bukalapak-ingin-ukm-naik-kelasBagikan Berita Ini
0 Response to "Gelar Pesta Diskon Harbolnas, Bukalapak Ingin UKM Naik Kelas"
Post a Comment