Search

7 Manfaat Pakai Angkutan Umum, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, kondisi lalu lintas Ibu Kota Jakarta semakin hari semakin menjadi. Kemacetan sukses menguras banyak waktu warga Jakarta setiap jam berangkat dan pulang kerja.

Bisa diperkirakan kita sudah menyia-nyiakan sekitar 8 hingga 22 hari setiap tahunnya hanya untuk menikmati pemandangan semraut dan polusi udara. Hal ini tentu saja tidak beranjak dari masyarakat yang enggan untuk menggunakan angkutan umum.

Padahal, jika kita biasakan menggunakan angkutan umum, setidaknya kita bisa membantu mengurangi tingkat kemacetan.

Biasakan Menggunakan Transportasi Umum

Semuanya diawali oleh sebuah kebiasaan. Menggunakan angkutan umum, khususnya untuk yang memiliki kapasitas yang cukup untuk menggunakan kendaraan pribadi, mungkin akan cenderung terasa sangat melelahkan. Akan tetapi, tanpa disadari ada banyak sekali manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan.

Dikutip dari TunaiKita, berikut sederet manfaat menggunakan angkutan umum:

1. Menghemat Pengeluaran

Manfaat pertama dan yang paling memberikan impact kepada kita sebagai pengguna angkutan umum adalah menghemat pengeluaran.

Bayangkan saja, jika kamu menggunakan kendaraan bermotor, kamu diharuskan mengeluarkan biaya untuk bahan bakar dan biaya parkir.

Jika kita perkirakan, untuk kedua hal ini saja sudah menghabiskan setidaknya Rp 450 ribu untuk bahan bakar dan Rp 100 ribu untuk biaya parkir.

Jika dikalkulasikan angka pengeluaran untuk biaya angkutan mencapai Rp 550 ribu setiap bulannya. Bisa dibayangkan pengguna kendaraan roda empat? Tentu saja pengeluaran akan lebih dari para pengguna kendaraan roda dua.

Mari kita bandingkan jika beralih menggunakan angkutan umum. Kita ambil contoh tarif Transjakarta. Satu kali perjalanan hanya dikenakan biaya Rp 3.500 dan Rp 105 ribu jika kita hitung untuk 30 hari. Bukankah lebih hemat?

Let's block ads! (Why?)

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3853637/7-manfaat-pakai-angkutan-umum-apa-saja

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Manfaat Pakai Angkutan Umum, Apa Saja?"

Post a Comment

Powered by Blogger.