Search

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Sayuran dan Buah Potong ...

AKURAT.CO, Dewasa ini, semakin beragam barang yang ditawarkan di toko atau supermarket, termasuk buah-buahan dan sayuran. Namun, tak hanya jenisnya saja yang beragam, kini supermarket pun menawarkan pilihan buah utuh sekaligus buah yang sudah dipotong-potong. Sayuran pun kini juga disediakan variasi yang sudah dipotong-potong dan dikemas bercampur dengan potongan sayuran jenis lain agar lebih praktis saat akan memasak.

Namun, amankah buah dan sayur yang sudah dikemas seperti itu?

Dilansir oleh AKURAT.CO dari Men's Health, seorang ahli gizi sekaligus juru bicara Academy of Nutrition dan Dietetics, Caroline West Passerrello, menjelaskan hal ini.

baca juga:

Melon, semangka, atau nanas yang sudah diiris-iris tentu lebih praktis untuk disajikan. Namun, ternyata ada kadar nutrisi yang dikorbankan.

"Buah dan sayur yang sudah dipotong-potong akan terpapar oksigen, cahaya, dan kadang suhu panas. Semua hal itu bisa menyebabkan berkurangnya vitamin dalam makanan," ungkap West Passerrello.

Vitamin-vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin B dan C, paling rentan hilang karena air akan menguap lebih cepat akibat proses pemotongan ini.

Karena itulah, buah dan sayuran utuh tetap lebih baik karena bisa menyimpan vitamin dan nutrisi lainnya lebih lama dibandingkan membeli yang sudah dipotong-potong. Iris buah utuh itu sesuai porsi yang akan dimakan, lalu simpan sisanya di wadah kedap udara.

Selain itu, campuran sayuran yang dikemas siap masak juga mengandung bahaya kontaminasi makanan. Campuran sayuran itu kerap berisi daun yang sobek. Daun sobek itu cenderung mengandug bakteri lebih banyak sehingga rentan mengontaminasi sayuran lainnya. Selain itu, kondisi panas, lembab, dan tertutup pada kemasan bisa menjadi inkubator yang sempurna bagi bakteri e. coli, salmonella, dan listeria.

Jadi, sebaiknya beli sayuran utuh dan terpisah-pisah, kemudian potong-potong saat hendak dimakan atau dimasak. Lebih baik lagi jika memotongnya sesuai kebutuhan lalu simpan di dalam kantung plastik dan simpan di kulkas bagian bawah.

Untuk tambahan informasi, pencucian sayuran tidak bisa menghilangkan bakteri e. coli. Hanya panas yang bisa mematikan bakteri ini.[]

Let's block ads! (Why?)

http://akurat.co/gayahidup/id-406041-read-pertimbangkan-hal-ini-sebelum-membeli-sayuran-dan-buah-potong-di-supermarket

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Sayuran dan Buah Potong ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.