Search

Waktu 90 Menit, Peserta Tes CPNS Harus Kerjakan 100 Soal

JAKARTA - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) resmi dimulai hari ini. Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diminta mempersiapkan diri dengan belajar serta berdoa. Sebab ujian akan dilakukan selama 90 menit dengan 100 soal.

Soal SKD terbagi dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. Demikian seperti dikutip Okezone dalam situs menpan.go.id, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

BERITA TERKAIT +

TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Baca Juga: Ujian CPNS Segera Dimulai, Waktunya Hanya 90 Menit

Sedangkan TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia peserta seleksi. Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

Sedangkan TKP, mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

Baca Juga: Oknum Janjikan Lulus Tes CPNS, Menpan-RB: Omong Kosong!

Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, peserta SKD harus melampaui nilai ambang batas (passing grade). Passing grade bagi peserta SKD dari kelompok pelamar formasi umum sama seperti tahun lalu, yakni 143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK.

Untuk pelamar dari formasi sarjana cumlaude dan diaspora, akumulasi nilai paling sedikit 298 dengan nilai TIU minimal 85. Sedangkan bagi penyandang disabilitas, nilai kumulatifnya 260, dengan TIU minimal 70. Putra-putri Papua/Papua Barat, nilai akumulatif 260 dengan TIU minimal 60. Untuk eks tenaga honorer K-II, nilai akumulatif minimal 260 dan TIU minimal 60.

Baca Juga: Ujian CPNS Dimulai Pukul 08.00 WIB, Siapkan Mental Anda

Tiga peserta SKD dengan nilai tertinggi berhak mengikuti SKB, yang disesuaikan kebutuhan masing-masing instansi, misalnya tes kesehatan, fisik, dan lain-lain. SKB juga dengan CAT yang merupakan nilai utama dengan bobot serendah-rendahnya 50% dari bobot nilai SKB.

(dni)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/10/26/320/1969143/waktu-90-menit-peserta-tes-cpns-harus-kerjakan-100-soal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waktu 90 Menit, Peserta Tes CPNS Harus Kerjakan 100 Soal"

Post a Comment

Powered by Blogger.