Search

PID Turunkan Angka Kemiskinan dan Stunting

JawaPos.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo optimistis Program Inovasi Desa (PID) akan mampu menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. PID terbukti sukses mendongkrak ekonomi masyarakat di berbagai daerah.

’’Model PID ternyata sukses karena mampu menurunkan jumlah angka kemiskinan yang cukup signifikan di Indonesia. Angka kemiskinan sekarang sudah single digit, yakni 9,82 persen. Yang lebih membanggakan, penurunan kemiskinan di desa ternyata dua kali lipat lebih besar daripada di kota,” ujar Mendes PDTT dalam Workshop Pengawasan Program Inovasi Desa di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (24/10)

Kemendes PDTT mencatat gini ratio 2018 di pedesaan telah turun sekitar 0,01 persen. ”Gini ratio yang mencapai angka 0 menunjukkan bahwa ketimpangan pendapatan telah merata sempurna. Artinya, setiap orang menerima pendapatan yang sama dengan lainnya,” lanjutnya

Tak hanya itu, ke depan PID juga mampu menurunkan angka stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak. ’’Kita optimistis dalam tujuh tahun ke depan jumlah orang miskin di desa akan lebih kecil daripada di kota dan jumlah angka stunting bisa mencapai hasil yang signifikan,” ungkapnya.

Eko melanjutkan, ke depan desa-desa yang sudah memiliki infrastruktur bagus tidak lagi memanfaatkan dana desa untuk membangun infrastruktur dasar. Tetapi, dana desa itu bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa.

’’Seperti memberikan pelatihan kepada masyarakat di desa agar mempunyai ide-ide dalam memberdayakan ekonomi dan masyarakatnya menggunakan dana desa dan sejumlah inovasi lain yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa,” paparnya.

(arm/tih/wir/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/finance/28/10/2018/pid-turunkan-angka-kemiskinan-dan-stunting

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PID Turunkan Angka Kemiskinan dan Stunting"

Post a Comment

Powered by Blogger.