Search

Harga Pertamax Mahal, Mobil BMW Bakal Beralih ke Premium Rp6.550?

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) telah resmi menaikkan harga Bahan Bakar Khusus (BBK) seperti Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non PSO pada tanggal 10 Oktober 2018.

Pengamat Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mengatakan, kenaikan harga Pertamax tersebut tidak akan berpengaruh pada konsumennya untuk kembali beralih ke BBM Premium.

BERITA TERKAIT +

"Apakah konsumen Pertamax ini akan kembali ke Premium? Tentu tidak karena karakteristik masyarakat ini tidak mungkin kembali ke Premium, masak dia beli BMW dipindah ke Premium, itu karakteristiknya seperti itu," kata Fahmi di acara diskusi MNC Trijaya, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (13/10/2018).

 Baca Juga: Harga BBM Premium Boleh Naik tapi Ada Syaratnya

Tapi, lanjut dia konsumen Pertalite mungkin akan pindah ke Premium karena elastisitasnya tinggi. "Saya kira, apabila kemarin Pertalite dan Premium tidak dinaikkan saya kira tepat," jelasnya.

Dia menjelaskan, kenapa Premium itu punya korelasi positif karena Premium hanya digunakan pada faktor-faktor produksi. Ada beberapa produsen sangat tergantung dengan Premium.

Baca Juga: Masyarakat Setuju Harga Premium Naik, Asal...

"Nah kalau harga Premium naik otomatis ongkos produksinya naik. Kemudian tidak ada alasan untuk menaikkan biaya produksi dan transportasi karena BBMnya tidak naik. Nah efek kenaikan Premium tadi, seperti transportasi dan faktor produksi akan naik. Ini mestinya ada blue print dalam perihal penghapusan premium tadi," ungkapnya.

(dni)

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/10/13/320/1963570/harga-pertamax-mahal-mobil-bmw-bakal-beralih-ke-premium-rp6-550

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harga Pertamax Mahal, Mobil BMW Bakal Beralih ke Premium Rp6.550?"

Post a Comment

Powered by Blogger.