Search

Asian Games mendongkrak kinerja Surya Citra Media (SCMA)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) mampu meraih peningkatan kinerja pada kuartal III-2018. Hingga September 2018, SCMA meraup pendapatan Rp 3,79 triliun, naik 10,8% dari September 2017 yang sebesar Rp 3,42 triliun.

Analis RHB Sekuritas, Henry Wibowo menuturkan di kuartal III 20198, media televisi ini menayangkan perlombaan terbesar, seperti Asian Games. "Apalagi SCTV dan Indosiar merupakan media eksklusif saat pagelaran tersebut berlangsung. Maka dari itu rating dan audience naik,” kata Henry, Rabu (24/10).

Henry optimistis, kinerja SCMA akan terus meningkat hingga akhir tahun ini. Proyeksi dia, pendapatan SCMA akan mencapai Rp 4,9 triliun sampai Rp 5 triliun atau tumbuh 11% di akhir tahun 2018. Adapun laba bersih diperkirakan mencapai Rp 1,5 triliun atau tumbuh 15%.

Analis NH Korindo Sekuritas, Michael Tjahjadi juga melihat, beberapa tayangan khusus seperti Asian Games dan Asean Football Federation mampu mendongkrak kinerja SCMA pada kuartal ketiga 2018. Kinerja SCMA juga naik karena strategi penguatan konten yang tercermin dari acara-acara baru media tersebut.

Misalnya FTV Azab yang tayang di Indosiar. “Di sisi lain, strategi penguatan konten bisa menaikkan beban materi program hingga 20,2% yoy pada Januari sampai September 2018. Hal ini turut menekan kinerja margin dan laba bersih juga,” tandasnya.

Kendati demikian, Michael masih yakin pendapatan dan laba bersih SCMA di tahun 2018 akan naik. Ia memproyeksikan pendapatan SCMA mencapai Rp 4,9 triliun dengan laba bersih Rp 1,49 triliun.

Tetapi, Michael menebak, pendapatan SCMA akan turun tipis pada tahun 2019. “Agar terdongkrak lagi tahun depan, SCMA harus mendapatkan hak-hak siar untuk tayangan yang mendapatkan atensi pemirsa yang besar. Dengan begitu SCMA bisa mengulang pencapaian pertumbuhan kinerja yang terjadi tahun 2018,” kata dia.

Reporter: Jane Aprilyani
Editor: Komarul Hidayat

Reporter: Jane Aprilyani
Editor: Komarul Hidayat

EMITEN

Let's block ads! (Why?)

http://investasi.kontan.co.id/news/asian-games-mendongkrak-kinerja-surya-citra-media-scma

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asian Games mendongkrak kinerja Surya Citra Media (SCMA)"

Post a Comment

Powered by Blogger.