Search

UAJY-APTIK Angkat Isu Lingkungan dan Kemiskinan

YOGYAKARTA- Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK) Indonesia menyelenggarakan 1st International Conference yang mengangkat  isu kemiskinan dan lingkungan yang dibuka pada Jumat (21/9) lalu di Auditorium Kampus 3 Gedung Bonaventura Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). UAJY berkesempatan menjadi tuan rumah sekaligus institusi penggagas konferensi ini.

Berangkat dari meningkatnya angka kemiskinan dan kerusakan lingkungan, APTIK mencoba menyatukan beragam gagasan dari para akademisi, peneliti, dan para ahli sebagai upaya penyelesaian isu-isu tersebut. Gagasan berdasarkan riset yang telah dilakukan para partisipan dalam berbagai bidang keilmuan diprsentasikan dalam forum-forum diskusi.

Dalam pembukaan konferensi ini hadir para pembicara Dr Ir Paulus Wiryono Priyotamtama SJ MSc --ketua APTIK Indonesia, Dr Agustinus Prasetyantoko --ketua Jaringan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat APTIK Indonesia, Drs Bambang Ismawan MSi --ketua Bina Swadaya, dan Dr Gregorius Sri Nurhartanto SH LLM --Rektor UAJY.

Adapun para pembicara pada hari pertama ini membawakan topik spiritualitas serta hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi fenomena kemiskinan dan isu lingkungan.

Sesi pertama dibuka oleh Paulus Wiryono Priyotamtama, yang membahas tentang peran agama dalam penanggulangan kemiskinan dan kerusakan lingkungan di Indonesia. Selanjutnya pembicara kedua adalah Rektor UAJY Gregorius Sri Hartanto yang berbagi tentang kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAJY, khususnya di Ketapang dan Mentawai.

Adapun Bambang Ismawan melengkapi diskusi dengan menyajikan tentang pemberdayaan masyarakat dalam pengurangan kemiskinan melalui pendekatan lingkungan.

Ratusan partisipan dari berbagai universitas anggota APTIK di Indonesia yang terdiri atas dosen, peneliti, tenaga ahli, dan mahasiswa hadir dalam konferensi hari pertama ini. Antusiasme para partisipan yang sangat tinggi tampak dari dilayangkannya berbagai pertanyaan pada sesi diskusi panel maupun paralel berlangsung.

Konferensi dilanjutkan pada hari Sabtu (22/9) dengan pembicara Gerald Potutan PhD dari Jepang, Dr Jonatan Lassa dari Charles Darwin University Australia, Br Armin Luistro FSC dari Filipina, dan Prof Shibata Yu dari Jepang

Rangkaian konferensi ini berlangsung hingga Minggu (23/9). Selain diskusi, penyelenggara juga mengadakan field trip ke daerah binaan UAJY di Grigak, Gunung Kidul, Yogyakarta. (gor)

Let's block ads! (Why?)

http://id.beritasatu.com/home/uajy-aptik-angkat-isu-lingkungan-dan-kemiskinan/180665

Bagikan Berita Ini

0 Response to "UAJY-APTIK Angkat Isu Lingkungan dan Kemiskinan"

Post a Comment

Powered by Blogger.