Search

Pemerintah Cari Jalan Keluar Selesaikan Kendala B20

JAKARTA – Pemerintah saat ini sedang mencari solusi terkait kendala pasokan implementasi perluasan mandatori B20. Pelaku usaha biofuel berkomitmen mendistribusikan minyak sawit sesuai jadwal.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengakui, jika implementasi perluasan B20 masih terkendala pasokan distribusi minyak sawit FAME (Fatty Acid Methyl Esters) dari Badan Usaha Bahan Bakar Nabati (BBN) ke Badan Usaha Bahan Bakar Minyak (BBM). Menurut dia, selain terkendala distribusi implementasi perluasan B20 juga masih terkendala teknis dan penyimpanan sehingga belum maksimal.

BERITA TERKAIT +

“Memang ada beberapa kendala. Selain masalah distribusi, ada kendala teknis dan penyimpanan. Saat ini aturan sedang disiapkan,” ujar dia di Jakarta.

biodiesel

Pihaknya tak menampik jika saat ini belum semua Badan Usaha BBM menerima pasok an minyak sawit. Meski begitu, pemerintah berupaya agar kebijakan itu bisa berjalan lancar sehingga tersalur di seluruh terminal BBM karena dampaknya sangat besar untuk mengurangi impor solar.

“Kami sedang berusaha terus. Ini sedang di atur,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Ridha Mulayana. Menurut Ridha, seluruh kendala implementasi perluasan B20, baik distribusi maupun teknis segera dicarikan solusi. Hal itu agar implementasi perluasan B20 bisa berjalan optimal.

b20

“Akan dibahas semua kendala yang masih ditemui di lapangan dan dicarikan solusinya,” kata dia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, dari 112 terminal BBM Pertamina, hanya 69 sudah tersalurkan minyak sawit. Adapun yang belum tersalurkan terdapat di daerah Indonesia bagian timur, seperti Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Sulawesi. Meski begitu, pihaknya enggan menyebut alasan terminal BBM khususnya yang memasok ke wilayah timur Indonesia belum tersalurkan FAME. Pertamina, kata dia, menyerahkan terkait kendala kepada pemerintah.

Sementara itu, Ketua Harian AsosiasiProdusenBio fuels Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan mengatakan, produsen biofuel mendukung implementasi perluasan B20 yang saat ini sedang digencarkan pemerintah. Pihaknya berkomitmen akan memasok minyak sawit sesuai jadwal.

“Kami anggap ini sebuah tantangan yang harus diupayakan agar biodiesel tersedia di seluruh titik,” ujar dia.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/24/320/1954639/pemerintah-cari-jalan-keluar-selesaikan-kendala-b20

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah Cari Jalan Keluar Selesaikan Kendala B20"

Post a Comment

Powered by Blogger.