Search

Jumlah Pelamar CPNS 2018 Didominasi Lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

JAKARTA – Lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mendominasi pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 di hari keempat.

Dari data statistik Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar berpendidikan PGSD berada pada urutan teratas. Pendaftaran seleksi CPNS telah dibuka sejak 26 September dan ditutup pada 10 Oktober. Jumlah pendaftar akan terus bertambah karena waktu pendaftaran masih panjang.

BERITA TERKAIT +

“Sampai hari keempat ini jumlah pelamar dengan latar belakang PGSD sebanyak 7.499 orang,” ungkap Kepala Biro (Karo) Humas BKN Mohammad Ridwan di Jakarta.

Baca Juga: Fakta Terbaru, Guru Honorer yang Bisa Ikut Tes CPNS Hanya 13.300 Orang

Menurut dia, tingginya antusiasme para pelamar dari lulusan PGSD berkaitan dengan besarnya jumlah lowongan tenaga pendidik pada seleksi CPNS tahun ini. Total lowongan tenaga pendidik tahun ini mencapai 122.000 dari 238.015 lowongan yang dibuka baik untuk instansi pusat ataupun daerah.

“Saya tidak tahu pasti berapa jumlah lowongan untuk guru SD. Tapi, jika melihat statistik sampai hari keempat ini, memang mendominasi,” ujarnya. Selain PGSD, pelamar dengan latar belakang pendidikan kebidanan juga tinggi mencapai 4.844 orang.

Setelah itu disusul lulusan pendidikan agama Islam sebanyak 4.378 orang dan sarjana manajemen 3.957 orang. “Di urutan kelima ditempati yang berlatar belakang keperawatan sebanyak 3.432 pelamar.

Ini masuk akal karena memang tenaga kesehatan berada di urutan kedua lowongan terbanyak. Jadi lulusan bidan dan perawat banyak yang mendaftar,” paparnya. Untuk pelamar dari universitas, lanjutnya, terbanyak berasal dari Universitas Terbuka.

Baca Juga: Besok Situs Pendaftaran CPNS 2018 Alami Gangguan, Ada Apa?

Disusul Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Padang, dan Universitas PGRI Palembang. Sementara itu total pelamar yang sudah melakukan registrasi sampai hari ketiga tercatat mencapai 61.176 pelamar.

Dalam 24 jam terakhir sudah terbentuk 150.000 akun pelamar baru. “Di hari ketiga lalu, instansi pembuka rekrutmen CPNS yang dapat diakses pelamar di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) sudah mencapai 74%,” katanya.

Lebih lanjut Ridwan mengatakan, pihaknya terus memperbaiki sistem SSCN. Di mana pada pukul 00.00 sampai 05.00 WIB dilakukan upgrading jaringan komunikasi. Hal ini diharapkan dapat mempermudah akses para pelamar yang saat ini masih dikeluhkan sulit.

“Kita tingkatkan kapasitasnya dari 1 Mbps menjadi 10 Gbps. BKN telah berkoordinasi dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri untuk memperbesar aksesibilitas terhadap data kependudukan,yang sebelumnya 1 juta akses per hari menjadi 2 juta.

(Feb)

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

http://economy.okezone.com/read/2018/09/30/320/1957589/jumlah-pelamar-cpns-2018-didominasi-lulusan-pendidikan-guru-sekolah-dasar

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jumlah Pelamar CPNS 2018 Didominasi Lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar "

Post a Comment

Powered by Blogger.