Search

Jika Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran Warna Hijau, Ini Khasiat ...

Jakarta - Buah maupun sayuran yang berwarna hijau memiliki kandungan klorofil yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat kesehatannya?

Warna hijau pada sayuran maupun buah mengandung klorofil yang berperan aktif sebagai bahan detoksifikasi alami. Selain itu klorofil juga ampuh melawan infeksi, melancarkan pencernaan, menjaga kekebalan tubuh serta menjaga sirkulasi darah.

Dilansir dari BoldSky (12/9) banyak manfaat yang bisa didapat jika memperbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau seperti alpukat, kiwi, anggur hijau, brokoli, selada, kale, bayam dan sebagainya.

1. Menurunkan kolesterol jahat
Jika Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran Warna Hijau, Ini Khasiat Sehat yang Anda DapatkanFoto: Istock
Kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menjaga kadar kolesterol Anda, tingkatkan konsumsi makanan hijau seperti alpukat, zaitun, kacang hijau dan anggur hijau.

Buah-buahan hijau ini diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang membantu menurunkan kolesterol.

Baca juga : Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapat Kalau Rutin Makan Bayam

2. Mencegah kanker
Banyak hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa diet sayuran hijau dan buah-buahan dapat membantu menangkal sel kanker. Buah dan sayurah hijau mengandung fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang membantu memerangi kanker.

Beberapa kanker yang bisa dicegah adalah kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker payudara. Fitonutrien ini ditemukan dalam alpukat, zaitun, apel hijau, bayam, kale dan sayuran hijau lainnya.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Jika Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran Warna Hijau, Ini Khasiat Sehat yang Anda DapatkanFoto: Istock
Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau terbukti bisa membantu menjaga kesehatan mata. Bayam, kale, buah kiwi, anggur dan zucchini mengandung karotenoid esensial yang disebut lutein dan zeaxanthin.

Senyawa ini bertindak sebagai perisai pelindung untuk mata dan mencegah kerusakan dari cahaya berlebih. Nutrisi ini juga mencegah timbulnya katarak.

4. Baik untuk pencernaan

Jika Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran Warna Hijau, Ini Khasiat Sehat yang Anda DapatkanFoto: Istock
Makanan berserat tinggi bisa menjaga fungsi pencernaan. Makanan seperti artichoke, apel, brokoli, kacang hijau, kacang polong dan lobak hijau termasuk yang baik untuk dikonsumsi.

Secara alami, serat menyerap kelebihan air di dalam usus, ini mempengaruhi sistem kerja usus.

Baca juga : Sayuran Berdaun Hijau Baik untuk Pencernaan

5. Meningkatkan metabolisme
Buah dan sayuran berwarna hijau mampu meningkatkan metabolisme yang membantu Anda menurunkan berat badan. Paprika hijau, alpukat, bayam adalah beberapa makanan hijau yang meningkatkan aktivitas metabolisme. Nutrisi yang paling penting untuk fungsi metabolisme adalah vitamin B.

6. Meningkatkan fungsi otak

Jika Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran Warna Hijau, Ini Khasiat Sehat yang Anda DapatkanFoto: Istock
Sayuran dan buah hijau seperti brokoli, kacang hijau, kubis Brussel, alpukat, asparagus, bayam, kale semuanya kaya akan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9.

Folat dikenal untuk mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia, meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak secara keseluruhan. Jadi sayuran dan buah hijau juga menjaga kecerdasan. (dvs/odi)

Let's block ads! (Why?)

https://food.detik.com/info-sehat/d-4208110/jika-rutin-konsumsi-buah-dan-sayuran-warna-hijau-ini-khasiat-sehat-yang-anda-dapatkan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jika Rutin Konsumsi Buah dan Sayuran Warna Hijau, Ini Khasiat ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.