Search

Baznas Makassar Beri Pengobatan Gratis 750 Warga Miskin

Jurlan Em Saho’as
Koordinator Relawan Wilayah III Baznas Kota Makassar
Melaporkan dari Makasar

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar menggelar pengobatan gratis disertai pemberian makanan menu bergizi dan paket sembako kepada 750 warga miskin yang bermukim di tiga kelurahan di Kota Makassar.

Kegiatan yang dilangsungkan di Kantor Kelurahan Barabarayya Selatan Kecamatan Makassar Sabtu (29/9/2018) merupakan yang ketiga kalinya dilgelar setelah sebelumnya dilangsungkan di Kelurahan Bujang (Mariso) dan Kelurahan Bunga Ejaya Baru (Tallo).

Kegiatan bakti sosial yang digelar Baznas Makassar merupakan program rutin dilakukan setiap tahun guna membantu masyarakat menjaga kesehatan sekaligus memenuhi kebutuhan gizinya, terutama warga tak mampu yang tinggal di pemukiman padat penduduk.

Dalam kegiatan yang menghadirkan dokter dan paramedis dari Baznas Sulsel tersebut, setiap warga yang diberi pelayanan merupakan hasil pendataan ketua ORW setempat yang menyasar keluarga tak mampu, terutama orang tua lanjut, ibu-ibu hamil, anak-anak kurang gizi, dan warga yang lagi sakit dan tak mampu berobat ke rumah sakit.

Warga masyarakat Barabarayya Selatan tengah memeriksakan kesehatannya pada dokter dalam bakti sosial pengobatan gratis dan pembagian sembako Baznas Kota Makassar, Sabtu (29/09/2018)
Warga masyarakat Barabarayya Selatan tengah memeriksakan kesehatannya pada dokter dalam bakti sosial pengobatan gratis dan pembagian sembako Baznas Kota Makassar, Sabtu (29/09/2018) ((FOTO : Jurlan-Baznas Mks))

Setiap warga yang didata diberi kupon gratis untuk selanjutnya diperlihatkan guna pemeriksaan kesehatan, selanjutnya diberi obat sesuai penyakit yang dideritanya. Agar mereka segera minum obat sesampai di rumah, panitia sudah menyiapkan paket makanan bergizi dan bingkisan sembako.

Kabid Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Makassar H. Abd Azis Bennu,S.Ag. mengatakan, kegiatan bakti sosial yang akan menyasar setiap kecamatan dengan memilih kelurahan secara bergilir merupakan salah satu program bidang penyaluran dan pendayagunaan zakat Baznas Kota Makassar.

“Jadi sengaja kita memilih kelurahan yang dinilai warganya cukup banyak yang sangat membutuhkan pengobatan dan makanan bergizi, terutama mereka yang berdiam di pemukiman padat penduduk,” kata H. Azis Bennu.

Dalam pemeriksaan kesehatan, Baznas Sulsel menugaskan Dr. dr. H. Kidri Alwi yang juga salah seorang Wakil Ketua Baznas Sulsel didampingi dr. Sahibuddin dan dr. Sorayya.

Menurut dr. H. Kidri Alwi, penyakit dan keluhan kesehatan yang diderita warga yang diberi pengobatan gratis umumnya mengalami keluhan sakit kepala dan gangguan pencernaan. Selain itu bagi warga yang sudah berusia lanjut kebanyakan menderita penyakit rematik dan hipertensi.

“Penyakit itu memang biasa diderita umumnya mereka yang berasal dari kalangan tidak mampu, berada di bawah garis kemiskinan, dimana kebutuhan akan gizi tidak terpenuhi disamping problema kehidupan yang dihadapi membuatnya stress, apalagi tinggal di pemukiman yang sangat padat dengan problema sosialnya sendiri,” kata H. Kidri yang sehari-harinya mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia.

Dalam kegiatan yang melibatkan sekitar 15 relawan Baznas turut dihadiri Wakil Ketua II Drs. K.H. Alwi Nawawi, M.Pd. dan Wakil Ketua III Drs. K.H. Jalaluddin Sanusi. (*)

Let's block ads! (Why?)

http://makassar.tribunnews.com/2018/09/30/baznas-makassar-beri-pengobatan-gratis-750-warga-miskin

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Baznas Makassar Beri Pengobatan Gratis 750 Warga Miskin"

Post a Comment

Powered by Blogger.